Tesis

Efek Kombinasi Terapi Laserpunktur dan Dekongestan Terhadap Perbaikan Timpanogram pada Pasien Anak di Poliklinik THT Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = The Effect of Combined Therapy Laserpuncture with Decongestan in Timpanogram to the Child Patient at ENT Clinic Cipto Mangunkusumo Hospital.

Otitis Media Efusi (OME) adalah suatu penyakit dimana kavum telinga tengah terisi oleh cairan peradangan tanpa adanya tanda dan gejala infeksi. Mayoritas kejadian Otitis Media Efusi (OME) pada anak mengalami remisi spontan. Terapi konvensional yang digunakan saat ini adalah dekongestan selama 3 bulan, namun demikian apabila tidak ditangani dengan tepat, Otitis Media Efusi (OME) dapat menimbulkan berbagai komplikasi, yang harus dilakukan pemasangan tuba timpanostomi (pipa grommet). Salah satu modalitas terapi yang saat ini sedang berkembang dan memiliki efektifitas yang tinggi adalah laserpunktur yang menggunakan sinar laser dengan intensitas rendah atau disebut juga low-level laser therapy di titik akupunktur, yang dapat memicu terjadinya reaksi foto biostimulasi sel dan jaringan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menyediakan alternatif metode penanganan Otitis Media Efusi (OME) pada anak yang minimally invasive sehingga dapat meningkatkan angka kesembuhan Otitis Media Efusi (OME). Selain itu, diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lain yang turut menunjang upaya penanganan Otitis Media Efusi (OME) pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terapi laserpunktur pada titik TE21 Ermen, SI19 Tinggong, GB2 Tinghui dan TE17 Yifeng dan dekongestan dapat memberikan perbaikan terhadap timpanogram Otitis Media Efusi (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Abdi Kurniawan Purba - Nama Orang
Jenny Bashiruddin - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Hasan Mihardja - Nama Orang
Fikry Hamdan Yasin - Nama Orang

No. Panggil
T18013fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xv, 67 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18013fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18013fkT18013fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Kombinasi Terapi Laserpunktur dan Dekongestan Terhadap Perbaikan Timpanogram pada Pasien Anak di Poliklinik THT Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo  = The Effect of Combined Therapy Laserpuncture with Decongestan in Timpanogram to the Child Patient at ENT Clinic Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection