Tesis

Uji Kesahihan dan Keandalan Kuesioner Kualitas Hidup Minnesota Living with Heart Failure Berbahasa Indonesia pada Pasien Gagal Jantung Kronik = Validity and Reliability Study of Indonesian Version of Minnesota Living with Heart Failure Questionnaire on Patients with Chronic Heart Failure.

Latar Belakang: Gagal jantung kronik merupakan masalah yang besar bagi kesehatan dunia. Dampak yang ditimbulkan bukan hanya fisik juga psikologis, sosial dan ekonomi sehingga mempengaruhi kualitas hidup. Terapi gagal jantung bukan hanya untuk menurunkan morbiditas dan mortalitas, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kuesioner Minnesota Living with Heart Failure (MLHFQ) terbukti secara sahih dan andal untuk menilai kualitas hidup pasien gagal jantung kronik di dunia. Saat ini belum ada kuesioner MLHF berbahasa Indonesia untuk pasien gagal jantung kronik di indonesia, sehingga diperlukan adaptasi ke bahasa Indonesia dan teruji kesahihan dan keandaannya. Studi ini bertujuan untuk mendapatkan kuesioner MLHF berbahasa Indonesia yang sahih dan handal untuk menilai kualitas hidup pasien gagal jantung kronik di Indonesia. Metode: studi ini adalah studi potong lintang dengan dua tahap. Tahap awal berupa adaptasi kuesioner, dilanjutkan dengan tahap kedua berupa uji kesahihan dan uji keandalan. Subyek penelitian berjumlah 85 orang, merupakan pasien gagal jantung kronik yang berobat di Poliklinik Kardiologi PJT RSCM. Uji kesahihan dilakukan dengan menggunakan metode multitrait multimethod analysis untuk menilai kesahihan konstruksi dan menghitung korelasi kuesioner MLHF dengan SF-36 sebagai baku emas. Uji keandalan dilakukan dengan menilai intraclass corelation coefficient (ICC) metode tes ulang dan cronbach α untuk menilai konsistensi internal. Hasil: Kuesioner MLHF bahasa Indonesia memiliki kesahihan yang baik dengan korelasi sedang-kuat antar domain dan item pertanyaan (r 0,571-0,748, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Dinas Yudha Kusuma - Nama Orang
Idrus Alwi - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang

No. Panggil
T18002fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xx, 98 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18002fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18002fkT18002fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Kesahihan dan Keandalan Kuesioner Kualitas Hidup Minnesota Living with Heart Failure Berbahasa Indonesia pada Pasien Gagal Jantung Kronik = Validity and Reliability Study of Indonesian Version of Minnesota Living with Heart Failure Questionnaire on Patients with Chronic Heart Failure.

Related Collection