Tesis

Hubungan prokalsitonin dan faktor-faktor lain dengan amputasi ekstremitas bawah pada kaki diabetik terinfeksi di IGD RSCM pada Januari 2013-Juni 2016 = Relations Procalcitonin and Other Factors With Lower Extremity Amputation In Infected Diabetic Foot in the Emergency Room RSCM In January 2013 - June 2016.

Latar Belakang. Kaki diabetik terinfeksi masih menjadi permasalahan serius bagi penderitanya dan kerapkali berujung pada amputasi ekstremitas bawah. Penentuan agresifitas tindakan diperlukan untuk mencegah perburukan kondisi pasien. Prokalsitonin sebagai salah satu penanda infeksi sensitif diharapkan dapat membantu untuk mendiagnosis lebih awal sehingga manajemen yang diterapkan lebih tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokalsitonin terhadap risiko terjadinya amputasi ekstremitas bawah. Metode: Dilakukan studi analitik komparatif dengan desain cross-sectional yang dilakukan di Divisi Bedah Vaskular dan Endovaskular Departemen Ilmu Bedah FKUI-RSCM periode Januari 2013-Juni 2016 pada semua pasien kaki diabetik terinfeksi yang datang ke IGD RSCM yang tidak disertai infeksi pneumonia, malaria, trauma berat, luka bakar, autoimun, dan karsinoma tiroid medula. Subjek dikelompokkan menjadi amputasi dan tidak, kemudian dilakukan analisis untuk melihat hubungan nilai prokalsitonin terhadap terjadinya amputasi ekstremitas bawah. Sumber data diambil dari rekam medik (data sekunder). Dilakukan uji statistik dengan kemaknaan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Sari Febriana - Nama Orang
Yefta Moenadjat - Nama Orang
Patrianef Darwis - Nama Orang
Grace Wangge - Nama Orang

No. Panggil
T16605fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
xiii, 41 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16605FKT16605FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan prokalsitonin dan faktor-faktor lain dengan amputasi ekstremitas bawah pada kaki diabetik terinfeksi di IGD RSCM pada Januari 2013-Juni 2016 = Relations Procalcitonin and Other Factors With Lower Extremity Amputation In Infected Diabetic Foot in the Emergency Room RSCM In January 2013 - June 2016.

Related Collection