Tesis

Efek kuersetin pada tikus model penyakit ginjal kronik pascanefrektomi 5/6 : Fokus pada transkripsi gen Nrf2, Keap1 dan HO1.

Latar Belakang: Penyakit Ginjal Kronik (PGK) merupakan masalah kesehatan di seluruh penjuru dunia. PGK menjadi penyebab menurunnya kualitas hidup penderitanya sekaligus meningkatkan risiko kematian. Penyakit Ginjal Kronik ditandai dengan terjadinya kerusakan ginjal dalam waktu lama dan progresif. Gangguan pada PGK berkaitan dengan kejadian stres oksidatif, yaitu keadaan di mana Reactive Oxygen Species (ROS) terbentuk melebihi pertahanan antioksidan. Kuersetin sebagai bagian keluarga flavonoid diketahui memiliki aktivitas antioksidan. Penelitian sebelumnya mendapatkan bahwa pemberian kuersetin mampu meningkatkan ekspresi protein Nuclear factor related erythroid factor 2 (Nrf2)di dalam nukleus pada tikus yang mengalami PGK. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan untuk mengkonfirmasi apakah peningkatan ekspresi protein Nrf2 di dalam nukleus terjadi pada tahap transkripsi. Metode: Jaringan ginjal tikus Sprague-Dawley dari penelitian terdahulu yang tersimpan pada suhu -80 C, diukur ekspresi mRNA Nrf2, Keap1dan HO1menggunakan qRT PCR. Terdapat 4 kelompok penelitian yaitu kelompok kontrol normal, kelompok dengan nefrektomi 5/6 berturut-turut diberi CMC 0,5%, kaptopril 10 mg/kgBB, dan kuersetin 100 mg/kgBB. Ekspresi mRNA Nrf2, Keap1 dan HO1dianalisis statistik menggunakan uji ANOVA yang dilanjutkan dengan multiple comparison post hoc dengan LSD, Kruskal-Wallis untuk data yang tidak memenuhi syarat uji ANOVA dimana perbedaan dianggap bermakna secara statistik bila p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Ika Satya Perdhana - Nama Orang
Vivian Soetikno - Nama Orang
Ari Estuningtyas - Nama Orang

No. Panggil
T16603fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 67 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16603FKT16603FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek kuersetin pada tikus model penyakit ginjal kronik pascanefrektomi 5/6 : Fokus pada transkripsi gen Nrf2, Keap1 dan HO1.

Related Collection