Skripsi

Aktivitas Larvasida Ekstrak Zingiber purpureum Roxb (Bangle) yang Mengandung Nanokomposit Ag-TiO terhadap Larva Aedes aegypti = Larvicidal Activity of Zingiber purpureum Roxb (bangle) Extract with Ag-TiO2 Nanocomposite against Aedes aegypti Larvae.

DBD merupakan penyakit yang tergolong endemis di Indonesia. Salah satu metode untuk menurunkan tranmisi DBD adalah dengan cara pengendalian vektor. Ekstrak rimpang Zingiber purpureum Roxb dan nanokomposit Ag-TiO 2 memiliki efek larvasida terhadap larva Ae.aegypti. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan ekstrak Zingiber purpureum Roxb yang mengandung nanokomposit Ag-TiO terhadap larva Aedes aegypti. Rancangan penelititan ini bersifat eksperimental dengan 3 kelompok perlakukan, yaitu kelompok Ekstrak Z. purpureum dengan nanokomposit Ag-TiO2, kelompok nanokomposit AgTiO2 dan kelompok kontrol, yaitu Ekstrak Z. purpureum. Konsentrasi Ekstrak Z. purpureum yang digunakan adalah 50 ppm, 100 ppm, dan 400 ppm. Konsentrasi nanokomposit Ag-TiO2 yaitu 1 ppm ,2 ppm, dan 8 ppm. Sesuai dengan panduan WHO, setiap konsentrasi sediaan dilakukan 4 kali pengulangan. Korelasi signifikan antara konsentrasi dengan kematian larva Ae.aegypti terlihat pada ekstrak Z. Purpureum dan campuran ekstrak Z. purpureum dengan nanokomposit Ag-TiO 2 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ridha Ulya - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S17148fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xviii, 52 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17148fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17148fkS17148fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Aktivitas Larvasida Ekstrak Zingiber purpureum Roxb (Bangle) yang Mengandung Nanokomposit Ag-TiO terhadap Larva Aedes aegypti = Larvicidal Activity of Zingiber purpureum Roxb (bangle) Extract with Ag-TiO2 Nanocomposite against Aedes aegypti Larvae.

Related Collection