Skripsi

Hubungan antara Masalah Perilaku Prososial dengan Penggunaan Internet Bermasalah pada Remaja SMP di Kecamatan Pancoran Mas Depok Tahun 2017 = Relationship between Prosocial Behavior Problem and Problematic Internet Use in Junior High School Students in Pancoran Mas District Depok in 2017.

Internet merupakan sistem jaringan yang menyediakan berbagai layanan yang dapat diakses oleh banyak kalangan dan berbagai kelompok usia. Namun, teknologi ini sering disalahgunakan ke arah negatif dan dapat mengakibatkan kecanduan pada penggunanya. Kedua hal tersebut dapat berimplikasi terhadap penggunaan internet yang bermasalah. Angka kejadian penggunaan internet bermasalah di berbagai negara berkisar antara 0,8%-26,7%. Namun, di Indonesia belum terdapat penelitian mengenai prevalensi penggunaan internet bermasalah. Selain itu, penggunaan internet bermasalah dapat menimbulkan masalah psikososial dan fisik, terutama pada remaja. Perilaku prososial merupakan salah satu sifat sosial dasar manusia untuk membantu orang disekitarnya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara masalah perilaku prososial dan penggunaan internet bermasalah pada remaja. Penelitian ini menggunakan studi potong lintang dengan analisis data menggunakan uji fischer. Penelitian dilaksanakan pada enam SMP di kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok dengan jumlah sample sebanyak 300. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Kekuatan dan Kesulitan Anak untuk mengukur kekuatan perilaku prososial dan Young’s Diagnostic Questionnaire for Internet Addiction (YDQ) untuk mengukur Penggunaan Internet yang Bermasalah. Dari penelitian ini, diperoleh 81 subjek (27%) berada pada kelompok remaja dengan penggunaan internet yang bermasalah dan 16 subjek (5,3%) berada pada kelompok remaja dengan masalah perilaku prososial. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara masalah perilaku prososial dengan penggunaan internet yang bermasalah (p>0,05) secara statistik.Terdapatnya hubungan yang tidak signifikan antara masalah perilaku prososial terhadap penyalahgunaan internet dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang multifaktorial. Penelitian di Negara lain juga menunjukkan hasil yang berbeda-beda tergantung kondisi demografis dan sosioekonomi Negara tersebut. Faktor ini juga dapat disebabkan oleh spektrum Penggunaan internet bermasalah yang relatif luas pada YDQ, berbagai faktor risiko lain yang lebih berkontribusi terhadap munculnya penggunaan internet yang bermasalah faktor genetik, dan perkembangan perilaku prososial pada masa remaja yang bersifat datar (plateau).
Kata kunci : Masalah Perilaku Prososial, Penggunaan internet bermasalah, Remaja


Internet is the network system provided various service which accessible to many realms and various ages. However, this technology is frequently misused toward negatif scopes and can cause addiction for the user. Both of which have implication to problematic internet use. The prevalence of the problematic internet use in various countries before is about 0,8%-26,7%. But, in Indonesia the research conducted for determining the prevalence of problematic internet use hasn’t been done yet. Furthermore, problematic internet use can cause psychosocial and physical problems, mainly in adolescent. One of psychosocial problem is prosocial behavior, which is basic human social character to help people around them. Therefore, this study intends to determine the relationship between prosocial behavior problem and problematic internet use on adolescent. This study used cross-sectional design with fischer test for analyzing the data. The research was conducted in six junior high school in Pancoran Mas Subdistrict, Depok using 300 sample. The instruments used are Strength and Difficulties Questionnaire to determine prosocial behavior disorder and Young’s Diagnostic Questionnaire for Internet (YDQ) to determine problematic internet use. From this study, obtained 81 subjects (27%) were in the adolescent with problematic internet use group and 16 subjects (5,3%) were in adolescent with prosocial behavior problem. There is no significant relationship between prosocial behavior probem and internet use in adolescent statistically (p>0,05). Insignificant relationship between prosocial behavior problem and problematic internet use can be caused of multifactorial conditions. Study from another country also showed different results based on demographic and socioeconomic conditions. These factors can also be caused by the relatively wide spectrum of problematic internet use in YDQ, various risk factor which is more contributive to the problematic internet use, genetic factor, and plateau development of prosocial behavior on adolescence.
Keywords: Prosocial behavior Problem, Problematic internet use, Adolescent

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ilham Hidayat Restu Tulus Maha - Nama Orang
Fransiska Kaligis - Nama Orang

No. Panggil
S17141fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 64 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17141fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17141fkS17141fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Masalah Perilaku Prososial dengan Penggunaan Internet Bermasalah pada Remaja SMP di Kecamatan Pancoran Mas Depok Tahun 2017 = Relationship between Prosocial Behavior Problem and Problematic Internet Use in Junior High School Students in Pancoran Mas District Depok in 2017.

Related Collection