Skripsi

Komposisi Fitokimia dan Efek Sitotoksik Ekstrak Makroalga Eucheuma cottoniipada Sel Kanker Serviks HeLa = Phytochemical Composition and Cytotoxic Effect of Makroalgae Extract Eucheuma cottonii Against Cervical Cancer Cells HeLa.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit kanker dengan prevalensi dan mortalitas yang tinggi di Indonesia. Eucheuma cottonii merupakan salah satu jenis rumput laut yang banyak dijumpai di perairan laut Indonesia dan dapat dikembangkan sebagai agen anti kanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi fitokimia dan efek sitotoksik ekstrak makroalga Eucheuma cottonii terhadap sel kanker serviks HeLa yang dinyatakan dengan nilai IC50. Pada penelitian ini, Eucheuma cottonii diekstraksi masing-masing menggunakan pelarut etanol, etil asetat, n-heksana, dan kloroform. Ekstrak yang diperoleh kemudian diuji kandungan fitokimianya, dan menunjukkan hasil positif mengandung flavonoid. Sedangkan analisis kualitatif dengan kromatografi lapis tipis, menunjukkan bahwa ekstrak mengandung tiga hingga lima senyawa kimia. Selanjutnya, masing-masing ekstrak sebanyak 20 µL dengan 5 variasi konsentrasi, yaitu 3,125 µg/ml; 6,25 µg/ml; 12,5 µg/ml; 25 µg/ml; dan 50 µg/m, dimasukkan ke lini sel HeLa yang sudah ditambahkan 100 µL DMEM dan diinkubasi selama 24 jam. Setelah diinkubasi selama 24 jam, dilakukan uji MTT assay dengan panjang gelombang 492 nm. Data yang diperoleh kemudian dianalisis sehingga diperoleh nilai IC 50 untuk keempat ekstrak Eucheuma cottonii yang diujikan. Hasil menunjukkan bahwa keempat ekstrak Eucheuma cottonii memiliki nilai IC 50

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Yully Astika Nugrahayning Aziza - Nama Orang
Ade Arsianti - Nama Orang

No. Panggil
S17131fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 42 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17131fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17131fkS17131fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Komposisi Fitokimia dan Efek Sitotoksik Ekstrak Makroalga Eucheuma cottoniipada Sel Kanker Serviks HeLa = Phytochemical Composition and Cytotoxic Effect of Makroalgae Extract Eucheuma cottonii Against Cervical Cancer Cells HeLa.

Related Collection