Skripsi

Pengaruh ekstrak daun tua tanaman sereh dapur (Cymbopogon citratus (DC) stapf) terhadap kematian larva nyamuk demam berdarah dengue Aedes aegypti = The effect of old leaf extract of Cymbopogon citratus (DC) stapf against the mortality of Aedes aegypti larvae.

Cymbopogon citratus dikenal sebagai sereh dapur yang merupakan tanaman obat dan mengandung minyak atsiri dengan zat aktif saponin dan tannin yang berpotensi sebagai larvasida nyamuk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efek dari larvasida ekstrak daun tua C. citratus terhadap kematian larva instar III-IV Aedes aegypti. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen. Terdapat kelompok kontrol (tanpa menggunakan ekstrak) dan kelompok perlakuan dengan konsentrasi ekstrak yakni 0,01%, 0,02%, 0,04%, 0,06% dan 0,08%. Ekstrak dibuat dari daun tua C.citratus dengan pelarut etil asetat. Pada jam ke-24, angka mortalitas larva berbeda bermakna di setiap konsentrasi pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Jaffray Diaztri Pasereng Rambak - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S17123fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 56 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17123fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17123fkS17123fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh ekstrak daun tua tanaman sereh dapur (Cymbopogon citratus (DC) stapf) terhadap kematian larva nyamuk demam berdarah dengue Aedes aegypti = The effect of old leaf extract of Cymbopogon citratus (DC) stapf against the mortality of Aedes aegypti larvae.

Related Collection