Skripsi

Hubungan kejadian Persalinan Prematur dengan Aktivitas Ibu Hamil pada Satu Bulan Terakhir dan faktor lainnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo = Relation of Preterm labor with Last Month Activity of Pregnant Woman and Another Factor at Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Latar Belakang: Persalinan prematur merupakan salah satu penyebab kematian anak dibawah lima tahun terbesar di dunia dan penentu kesehatan jangka panjang pada anak. Di Indonesia rata-rata persalinan prematur setinggi 15,5 per seratus kelahiran bayi. Aktivitas fisik ibu hamil pada satu bulan terakhir merupakan faktor penting yang mempengaruhi kelahiran bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat aktivitas ibu hamil terhadap kejadian persalinan prematur. Metode: Penelitian cross-sectional ini dianalisis dengan uji Chi-Square. Pemelitian ini menggunakan kuisioner Pregnancy Physical Activity Questionare yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan divaldasi pada penelitian sebelumnya yang serupa.. Rasio Prevalensi dan Confiende Interval. Selain itu dilihat pula analisis bivariat dengan menambahkan hubungan kejadian persalinan prematur dengan faktor-faktor lainnya. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan sampel ibu melahirkan dengan hasil 36 ibu dengan persalinan prematur dan 24 ibu dengan persalinan aterm. Mayoritas sampel tergolong aktivitas sedenter. Analisis hubungan antara aktivitas fisik dengan persalinan prematur tidak bermakna secara statistik (p=0,957) dengan rasio prevalensi 0.933. Faktor-faktor lain yang juga diuji tidak memiliki hubungan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

R D Haryo Prabowo - Nama Orang
Yudianto Budi Saroyo, dkk - Nama Orang

No. Panggil
S17118fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 37 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17118fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17118fkS17118fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan kejadian Persalinan Prematur dengan Aktivitas Ibu Hamil pada Satu Bulan Terakhir dan faktor lainnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo  = Relation of Preterm labor with Last Month Activity of Pregnant Woman and Another Factor at Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Related Collection