Skripsi

Hubungan antara Masalah Emosi dengan Penggunaan Internet yang Bermasalah pada Siswa-Siswi SMP Pancoran Mas Depok Tahun 2017 = Relation Between Emotional Problem and Problematic Internet Use at Pancoran Mas Depok Junior High School Students in 2017 .

Penggunaan internet yang bermasalah merupakan dampak negatif dari penggunaan internet yang tidak bijaksana. Penggunaan internet yang bermasalah pada umumnya terjadi pada masa remaja. Pada masa ini, remaja cenderung memiliki masalah dengan emosinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara masalah emosi pada remaja dengan penggunaan internet yang bermasalah. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang dilaksanakan di enam Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pancoran Mas Depok, dengan jumlah subjek penelitian adalah 300 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Strength and Difficulties (SDQ) dan Young’s Internet Addiction Scale. Penelitian menunjukkan bahwa 39,3% sampel mengalami masalah emosi dan 27% mengalami penggunaan internet yang bermasalah. Tidak terdapat hubungan bermakna antara masalah emosi dengan penggunaan internet yang bermasalah (P>0,05). Masalah emosi berhubungan dengan strategi coping mechanism. Pada perempuan cenderung menggunakan coping mechanism yang pasif dan menghindar dibandingkan dengan laki-laki yang menggunakan coping mechanism aktif sehingga lebih protektif. Penelitian yang dilakukan oleh Wei-Po Chou di Thailand menujukkan bahwa seseorang dengan coping mechanism yang pasif tidak berhubungan dengan kejadian penggunaan internet yang bermasalah. Selanjutnya, hal ini bisa terjadi karena internet dijadikan tempat menyalurkan kelabilan emosi dengan bersosialisasi lebih mudah melalui media sosial. Penelitian ini hanya menilai hubungan masalah emosi dan penggunaan internet yang bermasalah dalam satu waktu. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dalam penggunaan internet yang bermasalah pada remaja.
Kata Kunci : Penggunaan internet yang bermasalah, Masalah emosi, Remaja, SDQ, Young’s Internet Addiction Test, Coping Mechanism, Sosialisasi


The problematic use of internet is a negative impact of unwise internet use. This problematic internet usage generally occurs at adolescence. At this time, adolescents tend to have problems with their emotions. This study aims to determine the relationship between emotional problems in adolescents and problematic internet use.This study used a cross-sectional design conducted in six junior high schools in Pancoran Mas Depok sub-district with the number of subjects of this study being 300 people samples with each school consisting of 50 samples. This study uses Strength and Difficulties (SDQ) questionnaires and Young's Internet Addiction Scale. The results showed that 39.3% of the samples experienced emotional problems and 27% experienced problematic internet usage. There was no significant association between emotional problems and problematic Internet use (P> 0.05). Emotional problems relate to coping mechanism strategy. In women tend to use passive coping mechanism and avoid compared with men who use active coping mechanism so that more protective. Research conducted by Wei-Po Chou in Thailand shows that a person with a passive coping mechanism is not associated with a problematic internet usage event. Furthermore, this can happen because the internet is used as a place to deliver emotional instability by socializing more easily through social media. This study only assesses the relationship of emotional problems and problematic internet use at one time. Need to do further research to know the factors related in internet usage problem in adolescent.
Keywords : Problematic Internet Use, Emotional problems, Youth, SDQ, Young's Internet Addiction Test, Coping Mechanism, Socialization

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Niken Rachma Sayekti - Nama Orang
Fransiska Kaligis - Nama Orang

No. Panggil
S17113fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 58 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17113fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17113fkS17113fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Masalah Emosi dengan Penggunaan Internet yang Bermasalah pada Siswa-Siswi SMP Pancoran Mas Depok Tahun 2017  = Relation Between Emotional Problem and Problematic Internet Use at Pancoran Mas Depok Junior High School Students in 2017 .

Related Collection