Skripsi

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Merokok pada Pegawai Administrasi Universitas Indonesia Tahun 2016 = Education Effect on Smoking-Related Knowledge and Attitude among Administration Staff in University of Indonesia on 2016.

Indonesia menduduki peringkat lima negara dengan konsumsi rokok terbanyak. Prevalensi merokok yang tinggi ditemukan pada golongan pekerjaaan pegawai dan usia kerja. Sebanyak 81,3% perokok mengetahui dampak buruk merokok, namun aktivitas merokok tetap naik setiap tahun. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menilai lebih dalam mengenai pengetahuan dan sikap merokok melalui metode penyuluhan terhadap masyarakat dari golongan tersebut. Penelitian dilakukan secara pre-eksperimental untuk menilai pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap pegawai administrasi UI yang merokok aktif selama setahun terakhir. Subyek dipilih dengan metode purposive sampling (n=25) dari pemeriksaan kesehatan. Pengetahuan dan sikap responden dinilai dengan pre-test post-test menggunakan kuesioner tervalidasi yang disusun sendiri. Subyek yang datang penyuluhan (n=17) mengikuti seluruh tahapan dari awal hingga akhir. Mean nilai pengetahuan meningkat signifikan dengan nilai pre-test sebesar 18,4118 (±4,71777) dan post-test 27,0 (±6,66146) menggunakan uji Wilcoxon, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Skolastika Mitzy Benedicta - Nama Orang
Feni Fitriani - Nama Orang

No. Panggil
S17109fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xi, 55 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17109fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17109fkS17109fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Merokok pada Pegawai Administrasi Universitas Indonesia Tahun 2016 = Education Effect on Smoking-Related Knowledge and Attitude among Administration Staff in University of Indonesia on 2016.

Related Collection