Tesis

Hubungan Antara Aktivitas Fisik Ibu Hamil dengan Luaran Ibu Hamil dan Bayi Lahir Menggunakan Kuesioner Pregnancy Physical Activity Questionnaire (PPAQ): Studi Potong Lintang = The Association between Pregnancy Physical Activities with Maternal and Perinatal Outcomes using Pregnancy Pregnancy Physical Activity Questionnaire (PPAQ): A Cross Sectional Study.

LATAR BELAKANG: Penilaian aktivitas fisik ibu selama kehamilan sangat penting karena hubungan yang erat antara tingkat aktivitas fisik dan status kesehatan. Hubungan erat antara aktivitas fisik sehari-hari dan hasil luaran kehamilan masih belum jelas terungkap karena luasnya variasi desain studi dan langkah-langkah penilaian aktivitas fisik.2 TUJUAN: Untuk melihat sebaran aktivitas ibu hamil pada trimester 3, kemudian melihat adanya hubungan antara aktivitas fisik ibu hamil pada trimester ke-3 dengan metode persalinan, skor APGAR bayi pada menit ke-5, dan berat lahir bayi. Dapat digunakan juga sebagai dasar rekomendasi bagi masyarakat luas mengenai aktivitas fisik selama kehamilan, dan rekomendasi bagi pembuat kebijakan mengenai karyawan yang bekerja di masa kehamilan. METODE: Untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik ibu hamil dengan luaran ibu hamil dan bayi baru lahir akan digunakan desain potong lintang, dengan melakukan pengamatan secara akurat dan sistematik. HASIL: Penelitian ini melibatkan 100 ibu melahirkan, yang didapatkan bahwa rerata usia responden adalah 27 tahun, dengan nilai tengah paritas adalah 2. Berdasarkan penilaian kuesioner PPAQ didapatkan bahwa nilai tengah akfitivitas mingguan responden adalah 346 MET-jam/minggu dengan nilai tengah tertinggi dilakukan untuk aktivitas ringan (Median 143), dan aktivitas rumah tangga (Median 131). Sedangkan aktivitas olahraga dikerjakan sangat sedikit, dengan nilai tengah 1.63 METjam/minggu. Tidak terdapat hubungan antara usia, paritas, jumlah aktivitas fisik dan intensitas terhadap metode persalinan. Pada saat dilakukan uji data numerik, didapatkan bahwa nilai tengah dari kelompok yang melahirkan pervaginam, adalah 341, dan untuk sectio secarea adalah 347.5, perbedaan ini tidak bermakna baik secara klinis maupun statistik (p=0.696). Pada saat analisa untuk melihat faktor yang memengaruhi berat badan, didapatkan bahwa aktivitas dan usia memiliki P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni - Nama Orang
J.M. Seno Adjie - Nama Orang

No. Panggil
T17496fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 65 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17496FKT17496fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Aktivitas Fisik Ibu Hamil dengan Luaran Ibu Hamil dan Bayi Lahir Menggunakan Kuesioner Pregnancy Physical Activity Questionnaire (PPAQ): Studi Potong Lintang = The Association between Pregnancy Physical Activities with Maternal and Perinatal Outcomes using Pregnancy Pregnancy Physical Activity Questionnaire (PPAQ): A Cross Sectional Study.

Related Collection