Tesis

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kehamilan Pasca Laparoskopi Operatif pada Pasien Infertil dengan Endometriosis = Factors Affecting the Success of Pregnancy Postoperative Laparoscopy in Infertile Patients with Endometriosis.

Latar Belakang: Kejadian infertilitas di Indonesia 10-15% dari 39,8 juta wanita usia subur. Infertilitas dapat memberi masalah fisik, mental, sosial hingga perceraian. Sekitar 25%-50% perempuan infertil disertai endometriosis dan laparoskopi telah menjadi salah satu pilihan tatalaksananya. Dalam menjalani suatu metode, ahli bedah dan pasangan selalu ingin mengetahui peluang keberhasilan mereka baik dari data praoperasi ataupun intraoperasi. Lee dkk menyatakan keberhasilan kehamilan alamiah pasca laparoskopi secara keseluruhan adalah 41,9% dan tidak berhubungan dengan derajat endometriosis atau temuan laparoskopi atau jenis operasi. Di Indonesia, belum ada studi yang membahas faktor yang paling mempengaruhi keberhasilan kehamilan alamiah pada perempuan yang menjalani metode laparoskopi operatif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan kehamilan alamiah pasca laparoskopi operatif. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kohort retrospektif. Dengan total sampling, data diambil dari catatan pasien yang menjalani operasi laparoskopi karena infertilitas dengan endometriosis di RS Cipto Mangunkusumo dan RS Yayasan Pemeliharaan Kesehatan (YPK) di Jakarta, Indonesia. Analisis data dilakukan dengan perangkat lunak SPSS 20 untuk mengetahui hubungan antara usia, durasi infertilitas, jenis infertilitas, kadar CA-125, ukuran dan bilateralitas endometrioma, perlekatan organ genitalia interna, nodul endometriosis dan patologi tuba dengan keberhasilan kehamilan alamiah dalam 1 tahun pasca laparoskopi operatif. Hasil: Terdapat 70 subjek yang dianalisis. Sebanyak 32 subjek (45,7%) hamil dalam satu tahun pasca laparoskopi. Lama infertilitas menggunakan titik potong

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Essy Octavia - Nama Orang
Wachyu Hadisaputra - Nama Orang

No. Panggil
T17495fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 60 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17495FKT17495fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Kehamilan Pasca Laparoskopi Operatif pada Pasien Infertil dengan Endometriosis = Factors Affecting the Success of Pregnancy Postoperative Laparoscopy in Infertile Patients with Endometriosis.

Related Collection