Tesis

Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Intensitas Nyeri, Lingkup Gerak Sendi, Dan Skala Disabilitas Pada Sindrom Impingement Bahu = Effect of Kinesio Taping in Pain Intensity, Range of Motion, and Disability Scale of Shoulder Impingement Syndrome Patients.

LATAR BELAKANG. Sindrom Impingement bahu (SIB) merupakan penyebab tersering dari keluhan nyeri bahu. SIB yang berkepanjangan akan menghasilkan disabilitas fungsional yang signifikan dan reduksi dari kualitas hidup. Kinesio Taping dipertimbangkan sebagai pilihan untuk mengontrol pergerakan skapula pada pasien dengan masalah bahu. Merujuk kepada terbatasnya studi dan kontroversi efektivitas dari kinesio taping pada SIB, penelitian ini bertujuan untuk untuk menilai lebih jauh pengaruh kinesio taping pada skala nyeri, lingkup gerak sendi, dan disabilitas pasien dengan SIB. METODE. Uji klinis acak terkontrol terhadap subjek SIB usia 18-75 tahun. Subjek dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan (Kinesio Taping dengan metode Kase) dan Sham. Kinesio Taping diberikan selama satu minggu, dengan aplikasi ulang dalam tiga hari. Penilaian skala nyeri menggunakan Visual Analog Scale (VAS), sementara penilaian kualitas hidup menggunakan Quick DASH. HASIL. Didapatkan 32 subjek SIB yang dianalisis pada akhir penelitian. Rerata usia kelompok perlakuan 58.13 tahun, sementara kelompok Sham 59 tahun. Analisis post hoc pada masing-masing kelompok menunjukkan adanya perbaikan intensitas nyeri saat pergerakan dan malam hari yang bermakna pada setiap tahap pengukuran (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Andhitya Dwi Ananda - Nama Orang
Nyoman Murdana - Nama Orang
Tirza Z Tamin - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang

No. Panggil
T17477fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.,
Deskripsi Fisik
xviii, 83 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17477FKT17477fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Kinesio Taping Terhadap Intensitas Nyeri, Lingkup Gerak Sendi, Dan Skala Disabilitas Pada Sindrom Impingement Bahu = Effect of Kinesio Taping in Pain Intensity, Range of Motion, and Disability Scale of Shoulder Impingement Syndrome Patients.

Related Collection