Tesis

Efek Myelosupresi Pada Penderita Kanker Kolorektal Yang Mendapat Kemoterapi Ajuvan Oxaliplatin (Analisis Kadar Hemoglobin, Leukosit Dan Trombosit) Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Myelosuppresion Effect on Colorectal Cancer Patient with Oxaliplatin Adjuvant Chemoterapy at RSCM: An Analysis of Haemoglobin, Leucocyt, and Trombocyt Level.

Latar Belakang. Pemberian kemoterapi oxaliplatin sebagai salah satu modalitas terapi kanker kolorektal telah terbukti memperbaiki angka kesembuhan, ketahanan hidup maupun masa bebas penyakit dan kualitas hidup penderita. Namun, juga memberikan berbagai efek samping toksisitas hematologi (anemia, leukopenia, dan trombositopenia) yang paling sering ditemukan. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan rancangan hysterikal kohort. Penelitian dilakukan di Departemen Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Divisi Bedah Digestif RSCM, periode Januari 2016 - Desember 2016. Populasi sasaran adalah 65 pasien kanker kolorektal yang mendapat kemoterapi oxaliplatin adjuvan. Hasil. Usia pasien kanker kolorekta berkisar antara 18 tahun sampai dengan 73 tahun (rata-rata 50,8 tahun), perbandingan pria 32(49,2%) dan wanita33(50,8%). dari 65 pasien kanker kolorektal distribusi lokasi tumor terbanyak pada rektum 39 (60%), sigmoid 11 (16,9%), kolon desenden 7 (10,8%), kolon tranversum 5 (7,7%), kolon asenden 2 (3,1%), dan pada caecum 1 (1,5%). Stadium terbanyak adalah stadium II dan tindakan pembedahan berupa Low Anterior Resction atau Anterior Perineal Resection. Terdapat penurunan rerata kadar hemoglobin yang bermakna dengan p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Yusmaidi - Nama Orang
Agi Satria Putranto - Nama Orang

No. Panggil
T17466fk
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
xii, 43 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17466FKT17466fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Myelosupresi Pada Penderita Kanker Kolorektal Yang Mendapat Kemoterapi Ajuvan Oxaliplatin (Analisis Kadar Hemoglobin, Leukosit Dan Trombosit) Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Myelosuppresion Effect on Colorectal Cancer Patient with Oxaliplatin Adjuvant Chemoterapy at RSCM: An Analysis of Haemoglobin, Leucocyt, and Trombocyt Level.

Related Collection