Tesis

Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap Thalassemia = Factors Related to High Scool Students Knowledge and Attitude of Thalassemia.

Latar belakang: Thalassemia merupakan kelainan darah yang diturunkan secara autosomal resesif. Sampai saat ini thalassemia belum dapat disembuhkan. Biaya pengobatan yang tinggi serta komplikasi yang banyak pada penyakit ini menyebabkan pentingnya dilakukan tindakan pencegahan untuk menurunkan insidens thalassemia. Tingkat pengetahuan serta sikap remaja yang baik terhadap thalassemia dapat membantu menurunkan insidens penyakit tersebut. Tujuan: (1) Mengetahui proporsi tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMA terhadap thalassemia. (2) Menganalisis faktor-faktor yang diduga berhubungan dengan pengetahuan dan sikap siswa SMA terhadap thalassemia (pendidikan, pendapatan keluarga, pengalaman pribadi, media massa, akses informasi di pelayanan kesehatan, peran keluarga, peran agama). Metode: Penelitian potong lintang deskriptif analitik dilakukan terhadap siswa kelas 10,11,12 dari 2 SMA negeri dan 2 SMA swasta di Jakarta Pusat sejak Februari 2017 sampai Juni 2017. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh masing-masing siswa. Hasil: Total subyek yang diteliti adalah 300 siswa SMA. Proporsi tingkat pengetahuan yang baik pada siswa SMA adalah 28,3% dan proporsi sikap positif siswa SMA terhadap thalassemia adalah 60%. Faktor yang memiliki hubungan terhadap pengetahuan yang baik adalah jurusan akademik (p=0,019; IK95% 1,138-4,166), paparan media massa (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dneska Woro Andini - Nama Orang
Bernie Endyarni Medise - Nama Orang
Hikari Ambara Sjakti - Nama Orang
Hindra Irawan Satari - Nama Orang

No. Panggil
T17455fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xvi, 62 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17455FKT17455fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap Thalassemia = Factors Related to High Scool Students Knowledge and Attitude of Thalassemia.

Related Collection