Skripsi

Perilaku Ibu Terhadap 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Faktor- Faktor yang Berhubungan = Behavior of Mothers Regarding First 1000 Days of Life and Its Related Factors.

1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah rentang periode kehidupan dari konsepsi hingga anak berusia 2 tahun. Periode ini adalah periode emas karena masalah kesehatan yang terjadi pada periode ini akan sangat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu terhadap 1000 HPK. Desain studi penelitian ini adalah cross sectional dengan 110 responden. Sampel pada penelitian ini adalah ibu dengan bayi berusia kurang dari 2 tahun dan ibu hamil pada saat pengambilan data yang berdomisili di Kampung Lio RW19, Kota Depok. Pengambilan data menggunakan kuesioner mengenai faktor determinan perilaku. Semua data kemudian diolah dengan SPSS ver. 20, dilanjutkan dengan uji statistik yang sesuai untuk mengetahui hubungan faktor determinan dengan perilaku ibu mengenai 1000 HPK. Hasil penelitian didapatkan tingkat perilaku terdiri dari perilaku cukup (38,2%) dan perilaku baik (61,8%). Penghasilan keluarga (p=0,018) dan pengetahuan (p≤0,001) berhubungan dengan perilaku ibu terhadapa 1000 HPK. Variabel lain seperti tingkat pendidikan, usia, bentuk keluarga, jumlah anak, pekerjaan,suku, aktivitas sosial, jarak fasilitas kesehatan, asuransi, dan sikap tidak berhubungan dengan perilaku ibu terhadap 1000 hari pertama kehidupan. Hasil penelitian akan digunakan untuk menyusun rekomendasi tindak lanjut untuk dinas kesehatan di Kampung Lio.
Kata Kunci : Perilaku, 1000 Hari Pertama Kehidupan, Periode Emas, Faktor Risiko


The First 1000 Days of Life is a life period which started from conception to 2year-olds. This period is a golden period because the health problems that occured in this period will greatly affect the growth and development of children in the future. The purpose of this study is to determine the relationship of factors and mother's behavior towards first 1000 days of life. This study used cross sectional design with 110 respondents. The sample of this study is mothers with child under 2 years old and pregnant mothers who domiciled in Kampung Lio RW19, Depok City. We used questionnare to collect data of factors and mother's behavior. All collected data is then processed with SPSS 20 th version, then analysed statistically to determine the relationship between determinant factors and mother's behavior. The results showed that behavior level consisted of fair (38,2%) and good behavior (61,8%). Family income's (p = 0.018) and level of knowledge (p≤0,001) have relationship with mother's behavior towards first 1000 days of life. Other factors such as education level, age, family form, number of children, occupation, ethnicity, social activity, distance of health facility, insurance, and attitudes do not have relation to mother's behavior towards first 1000 days of life. The results of this research will be used to arrange recommendations action plan for the health service in Kampung Lio.
Keywords : Behavior, First 1000 days of Life, Golden Period, Risk Factor

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Aji Budi Widodo - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang

No. Panggil
S17100fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xxiii, 65 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17100fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17100fkS17100fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perilaku Ibu Terhadap 1000 Hari Pertama Kehidupan dan Faktor- Faktor yang Berhubungan = Behavior of Mothers Regarding First 1000 Days of Life and Its Related Factors.

Related Collection