Skripsi

Hubungan antara Ide Bunuh Diri dengan Psikopatologi dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya pada Pasien HIV/AIDS di Poliklinik Khusus HIV/AIDS RSCM = Association between Suicidal Ideation on Psychopathology and other Determining Factors among HIV/AIDS Patients in Poliklinik Khusus HIV/AIDS RSCM.

Bunuh diri merupakan kegawatdaruratan psikiatri yang lazim ditemukan pada pasien HIV/AIDS dan dihubungkan dengan berbagai faktor. Namun, studi ini belum pernah dilakukan di Indonesia, padahal studi ini penting untuk diteliti untuk menentukan faktor-faktor yang harus diintervensi sehingga terbentuk pelayanan yang optimal terhadap pasien HIV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ide bunuh diri dengan faktor-faktor yang memengaruhinya pada pasien HIV/AIDS. Metode penelitian adalah dengan cross-sectional. Subjek dikumpulkan sebagai sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Kriteria inklusi adalah orang dewasa berusia 18-65 tahun dengan diagnosis HIV/AIDS yang sedang menjalani pengobatan ARV di Poliklinik Khusus HIV/AIDS RSCM. Analisis data bivariat menggunakan uji Chi-square dan Fisher exact test, serta analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik. Dari total 86 subjek, 20 (23,3%) diantaranya memiliki ide bunuh diri. Melalui uji Chi-square, hubungan terbukti bermakna pada 5 variabel, yaitu depresi (p=0,000), ansietas (p=0,001), tidak menikah (p=0,007), jumlah CD4

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Adrian - Nama Orang
Kristiana Siste Kurniasanti - Nama Orang

No. Panggil
S17097fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 53 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17097fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17097fkS17097fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Ide Bunuh Diri dengan Psikopatologi dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya pada Pasien HIV/AIDS di Poliklinik Khusus HIV/AIDS RSCM = Association between Suicidal Ideation on Psychopathology and other Determining Factors among HIV/AIDS Patients in Poliklinik Khusus HIV/AIDS RSCM.

Related Collection