Skripsi

Hubungan Antara Kadar Lemak dengan Kapasitas Vital Paksa pada Orang dengan IMT Normal = Relationship between Body Fat Percentage and Forced Vital Capacity in Normal BMI Adults.

Latar Belakang: Uji fungsi paru merupakan metode untuk mengukur ada tidaknya gangguan pada paru. Salah satu parameter fungsi paru adalah kapasitas vital paksa (KVP). Pengaruh kadar lemak pada kapasitas vital paksa belum banyak diketahui. Tujuan: Untuk melihat ada tidaknya korelasi antara kadar lemak dengan kapasitas vital paksa Metode: Studi ini merupakan studi potong lintang dengan 62 subjek penelitian yang didapatkan dari data sekunder dan dipilih dengan sistem random sampling. Data diolah menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnoff dan uji korelasi Pearson Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan nilai korelasi kadar lemak dengan kapasitas vital paksa p >0.001 pada laki-laki dan nilai korelasi p>0.001 pada perempuan yang menunjukkan tidak ada korelasi signifikan di antara kadar lemak dan kapasitas vital paksa Kesimpulan: Penelitian ini munjukkan bahwa kadar lemak tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap kapasitas vital paksa.
Kata kunci: fungsi paru; kadar lemak; kapasitas vital paksa


Background: Lung function tests are used to evaluate lung health conditions. Forced vital capacity is one of the parameter of lung function. Body fat percentage effect to lung function had not been discovered much. Objective: This research purpose is to find the relation between body fat percentage and forced vital capacity Methods:This study used cross-sectional study with 62 subjects that were obtained from secondary data and picked by symple random sampling. The method used to analyze the data are Kolmogorov-Smirnov normality test and Pearson Correlation test. Results: Based on the study the correlation value between body fat percentage and forced vital capacity is p>0.001 on both male and females group. Conclusion: The research shows that there is no correlation or significant effect between body percentage with forced vital capacity.
Keywords: body fat percentage; Forced vital capacity (FVC); lung function

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ranindita Amaida Safira - Nama Orang
Nury Nusdwinuringtyas - Nama Orang

No. Panggil
S17071fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xv, 41 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17071fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17071fkS17071fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Antara Kadar Lemak dengan Kapasitas Vital Paksa pada Orang dengan IMT Normal = Relationship between Body Fat Percentage and Forced Vital Capacity in Normal BMI Adults.

Related Collection