Skripsi

Potensi Fraksi Etil Asetat dari Daun Cosmos caudatus sebagai Antivirus Dengue Serotipe-2 in vitro = The Potency of ethyl acetate fraction of Cosmos caudatus leaf as an antiviral dengue serotype-2 in vitro.

Infeksi virus dengue (DENV) masih merupakan masalah kesehatan yang besar terutama bagi negara-negara tropis dan subtropis termasuk Indonesia. Angka kejadian infeksi DENV di dunia pada tahun 2010 mencapai 390 juta kasus dan di Indonesia mencapai lebih dari 110.000 kasus pada tahun 2013. Hingga saat ini, penatalaksanaan pasien infeksi DENV masih terbatas pada terapi suportif karena belum ada obat antivirus untuk DENV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antivirus dari fraksi etil asetat daun kenikir (Cosmos caudatus Kunth.) terhadap DENV serotipe-2 strain New Guinea C pada sel Huh7-it1. Aktivitas antivirus dinyatakan dengan ukuran indeks selektivitas yang merupakan perbandingan antara half-maximal cytotoxic concentration (CC ) dan halfmaximal inhibitory concentration (IC 50 ). CC merupakan ukuran tingkat toksisitas ekstrak terhadap sel Huh7-it1 yang nilainya ditentukan dengan metode MTT assay. Sementara itu, nilai IC 50 50 yang ditentukan melalui focus assay merupakan ukuran yang menyatakan kemampuan ekstrak dalam menghambat replikasi DENV2. Dari penelitian didapatkan bahwa fraksi etil asetat daun C. caudatus memiliki nilai CC 50 sebesar 198,581 μg/ml, IC sebesar 23,045 μg/ml, dan indeks selektivitas sebesar 8,617. Sementara itu, persentase viabilitas dan persentase infektivitas berhubungan bermakna dengan konsentrasi ekstrak (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Septian Ika Prasetya - Nama Orang
Beti Ernawati Dewi - Nama Orang

No. Panggil
S17066fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 78 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17066fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17066fkS17066fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Potensi Fraksi Etil Asetat dari Daun Cosmos caudatus sebagai Antivirus Dengue Serotipe-2 in vitro = The Potency of ethyl acetate fraction of Cosmos caudatus leaf as an antiviral dengue serotype-2 in vitro.

Related Collection