Skripsi

Perbandingan nilai rujukan thyroid stimulating hormone bayi baru lahir di Indonesia berdasarkan rentang usia dan jenis kelamin = Comparison of neonatal thyroid stimulating hormone reference value in Indonesia according to age and gender differences.

Latar belakang: Nilai rujukan TSH neonatus penting digunakan dalam skrining, khususnya pada penyakit hipotiroid kongenital yang saat ini insidensinya di Indonesia lebih besar dibandingkan insidensi di dunia. Nilai TSH neonatus diketahui dipengaruhi oleh usia neonatus akibat respon fisiologis tubuh terhadap perbedaan lingkungan intrauterin dengan lingkungan dalam ruangan, dan jenis kelamin akibat HPG-axis yang mempengaruhi kadar TBG dalam darah sehingga telah banyak hasil penelitian yang bervariasi di berbagai negara berdasarkan usia dan jenis kelamin. Namun, belum ada penelitian nilai rujukan TSH neonatus berdasarkan usia dan jenis kelamin di Indonesia. Tujuan: Penelitian cross-sectional ini dilakukan untuk mengetahui: perbandingan nilai rujukan dan nilai TSH, korelasi nilai TSH pada empat hari pertama kehidupan, recall rate nilai TSH tinggi, serta rasio prevalens nilai TSH tinggi berdasarkan rentang usia dan jenis kelamin neonatus di Indonesia. Metode: Sebanyak 8.976 subjek yang didapatkan dari data SHK nasional bulan Mei 2017 hingga Juli 2017 dengan metode fluorometri dengan reagen Labsystem di RSUPN Cipto Mangunkusumo, dilakukan penyesuaian kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 3.320 sampel. Pengelompokkan sampel penelitian dilakukan berdasarkan: lima kelompok usia dengan metode analisis komparatif numerik uji Kruskal-Wallis dan uji post hoc Mann-Whitney, dan analisis komparatif kategorik uji Chi-square; data numerik usia 0 – 4 hari dengan metode analisis korelasi uji Pearson; dan dua kelompok jenis kelamin dengan metode analisis komparatif numerik uji Mann-Whitney dan analisis komparatif kategorik uji Chi-square pada subjek yang sama terhadap nilai TSH neonatus menggunakan SPSS versi 20. Interval rujukan TSH berdasarkan rentang usia dan jenis kelamin akan dianalisis menggunakan metode non-parametrik menggunakan MedCalc versi 17.9.7. Hasil: Nilai TSH neonatus terdapat perbedaan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Muhammad Taufiq Ramadhan - Nama Orang
Ina susianti Timan - Nama Orang

No. Panggil
S17058fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvi, 56 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17058fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17058fkS17058fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan nilai rujukan thyroid stimulating hormone bayi baru lahir di Indonesia berdasarkan rentang usia dan jenis kelamin = Comparison of neonatal thyroid stimulating hormone reference value in Indonesia according to age and gender differences.

Related Collection