Skripsi

Komparasi Profil Albumin, Masa Protrombin, dan Fibrinogen pada Tingkatan Sirosis Hati berdasarkan Klasifikasi Skor APRI = Comparison between Albumin, Prothrombin Time, and Fibrinogen Profile in Staging of Liver Cirrhosis based on APRI Score Classification.

Latar Belakang: Sirosis hati adalah bentuk akhir perjalanan penyakit hati secara kronik dengan tanda klinis berupa kerusakan jaringan hati dan terbentuknya jaringan fibrosis serta nodul sehingga mengganggu fungsinya dalam menghasilkan albumin, protrombin, dan fibrinogen . Sirosis dapat dideteksi dan diklasifikasikan dalam 3 kelompok dengan teknik diagnostik non-invasif menggunakan skor APRI. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan signifikan pada profil albumin, masa protrombin, dan fibrinogen dalam tingkatan sirosis hati berdasarkan klasifikasi dari skor APRI. Metode: Desain penelitian secara cross sectional dengan 60 pasien sesuai kriteria penelitian dari rekam medis laboratorium Patologi Klinik dan bagian pusat RSCM. Hasil: Hasil penelitian dengan uji Kolmogorov Smirnov menunjukkan kadar albumin, masa protrombin, dan fibrinogen (median 2,91 ; 11,8 ; rata-rata 273,7117) dan hasil dari uji Anova atau Kruskal Wallis memperlihatkan perbedaan bermakna antara ketiga kelompok hati berdasarkan skor APRI (semua p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Claudio Agustino - Nama Orang
dr. Yusra - Nama Orang

No. Panggil
S17051fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 49 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17051fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17051fkS17051fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Komparasi Profil Albumin, Masa Protrombin, dan Fibrinogen pada Tingkatan Sirosis Hati berdasarkan Klasifikasi Skor APRI = Comparison between Albumin, Prothrombin Time, and Fibrinogen Profile in Staging of Liver Cirrhosis based on APRI Score Classification.

Related Collection