Skripsi

Hubungan antara Gangguan Perilaku dan Psikologis Demensia dengan Kesehatan Mental Caregiver = Correlation Between Behavioral and Psychological Symptoms of Dementia and Caregivers’ Mental Health.

Demensia merupakan salah satu penyakit degeneratif yang secara progresif menyebabkan turunnya fungsi kognitif otak, hal ini membuat orang dengan demensia (ODD) akan semakin bergantung pada caregiver-nya. Manifestasi klinis yang diakibatkan dari turunnya fungsi kognitif ini dikenal sebagai Gangguan Perilaku dan Psikologis Demensia (GPPD). Ada 12 gejala GPPD yaitu delusi, halusinasi, agitasi, depresi, euforia, ansietas, apatis, iritabilitas, disinhibisi, perilaku motorik abnormal, gangguan tidur, dan gangguan napsu makan. GPPD pada ODD dapat menjadi beban bagi caregiver yang berpotensi mengganggu kesehatan mental caregiver. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara GPPD pada ODD dengan kesehatan mental caregiver. Penelitian ini menggunakan desain potong lintang dan dilakukan di Poliklinik Geriatri Terpadu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo serta Caregiver Meeting Yayasan Alzheimer Indonesia dari Maret - September 2017. Penilaian GPPD dan distress yang disebabkan GPPD menggunakan kuesioner Neuropsychiatry Inventory, sementara penilaian kesehatan mental caregiver menggunakan kuesioner kualitas hidup Short-Form 36. Terdapat 42 subjek dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, diperoleh gangguan perilaku dan psikologis demensia paling banyak adalah iritabilitas sebanyak 24 subjek (57,1%), diikuti oleh apatis 22 subjek (52,3%) dan agitasi 19 subjek (45,2%). Nilai rerata Mental Component Score dari subjek adalah 46,23 dengan standar deviasi ± 6,98. GPPD memiliki hubungan bermakna hanya dengan kesehatan mental caregiver utama dengan nilai p 0,044 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Edelyne Chelsea - Nama Orang
Martina Wiwie Setiawan Nasrun - Nama Orang

No. Panggil
S17038fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 53 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17038fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17038fkS17038fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Gangguan Perilaku dan Psikologis Demensia dengan Kesehatan Mental Caregiver = Correlation Between Behavioral and Psychological Symptoms of Dementia and Caregivers’ Mental Health.

Related Collection