Skripsi

Hubungan Lama Waktu Pencarian Pengobatan Pasien Psikotik dengan Fungsi Metakognitif = Relationship between Duration of Untreated Psychosis and Metacognitive Function.

Psikotik merupakan gangguan jiwa berat yang menyebabkan beban ekonomi besar karena menyebabkan berkurangnya produktivitas pada pasien. Luaran skizofrenia dipengaruhi oleh banyak faktor prognostik, diantaranya gejala negatif, lama waktu mencari pengobatan/ duration of untreated psychosis (DUP) dan fungsi kognitif. Namun demikian, interaksi DUP dengan faktor prognostik lainnya belum dipahami dengan jelas. DUP diduga berhubungan dengan metakognisi karena DUP berhubungan dengan gejala negatif. Metakognisi merupakan mediator antara fungsi kognitif dan luaran fungsional psikotik. Studi ini adalah studi potong lintang untuk meneliti hubungan DUP dengan fungsi metakognisi setelah pengobatan. Sampel merupakan 50 pasien berumur 5-18 tahun penderita gangguan psikotik yang didapatkan melalui consecutive sampling. Fungsi metakognisi diukur dengan indeks metakognisi pada kuisioner Behaviour Rating Inventory of Executive Function versi Bahasa Indonesia (BRIEF-BI) oleh orangtua dan DUP didapatkan melalui rekam medis atau wawancara. Subjek penelitian memiliki median DUP 2.0 (0; 84.0) bulan dan lama pengobatan 12.0 (0; 72.0) bulan. Analisis bivariat memperlihatkan hubungan bermakna antara DUP ≥6 bulan dan fungsi metakognisi, inisiasi, perencanaan, dan monitor lebih buruk (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Maulidia Ekaputri - Nama Orang
Noorhana SW - Nama Orang

No. Panggil
S17028fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 63 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17028fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17028fkS17028fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Lama Waktu Pencarian Pengobatan Pasien Psikotik dengan Fungsi Metakognitif = Relationship between Duration of Untreated Psychosis and Metacognitive Function.

Related Collection