Skripsi

Efektivitas Larvasida dari Ekstrak Bunga Lantana camara (Tanaman Tembelek) dengan Pelarut Etil Asetat Terhadap Larva Aedes aegypti Instar III dan IV = Larvicidal Effectiveness of Lantana camara flower Extract with Ethyl Acetat Solvent Against Aedes aegypti Larvae Instar III and IV.

Pengendalian vektor menjadi salah satu kunci menurunkan transmisi penyakit DBD. Sejauh ini, pengendalian vektor dilakukan dengan insektisida kimia sintetis. Insektisida tersebut telah menimbulkan resistensi sehingga diperlukan insektisida yang alami dari tanaman untuk mengatasi masalah resistensi tersebut. Lantana camara adalah salah satu tanaman hias yang mengandung terpenoid, flavonoid, dan alkaloid yang berpotensi sebagai larvasida. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas larvasida dari ekstrak bunga L. camara (Tanaman Tembelek) dengan pelarut etil asetat terhadap larva Aedes aegypti Instar III dan IV. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen. Terdapat kelompok kontrol dan perlakuan. Pada kelompok kontrol, larva hanya diberikan air kran sedangkan pada kelompok perlakuan larva diberikan ekstrak bunga L. camara dengan konsentrasi 60 ppm, 75 ppm, 105 ppm, 150 ppm dan 300 ppm. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada jam ke-24, jumlah mortalitas larva berbanding lurus dengan konsentrasi ekstrak (r=0,84, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Henrico Citrawijaya - Nama Orang
Rizal Subahar - Nama Orang

No. Panggil
S17019fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 59 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17019fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17019fkS17019fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Larvasida dari Ekstrak Bunga Lantana camara (Tanaman Tembelek) dengan Pelarut Etil Asetat Terhadap Larva Aedes aegypti Instar III dan IV = Larvicidal Effectiveness of Lantana camara flower Extract with Ethyl Acetat Solvent Against Aedes aegypti Larvae Instar III and IV.

Related Collection