Skripsi

Efektivitas Albendazol Triple Dose dalam Pengobatan Infeksi Cacing Usus = The Effectiveness of Triple Dose Albendazole for the Treatment of Intestinal Helminth Infections.

Albendazol 400mg dosis tunggal adalah antelmintik yang direkomendasikan WHO untuk memberantas STH, namun obat tersebut hanya efektif untuk memberantas Ascaris lumbricoides dan tidak efektif terhadap trikuriasis sehingga dosis perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas albendazol 400mg triple dose dalam pengobatan infeksi cacing usus pada anak berusia 1-15 tahun di desa Perobatang, Sumba Barat Daya. Desain penelitian adalah pre-post study. Data diambil dua kali, yaitu pada 12 Juli 2016 dan 26 Juli 2016. Orang tua subjek/subjek diminta untuk mengumpulkan feses, kemudian dibuat sediaan kato katz dan sampel feses diperiksa secara mikroskopis. Subjek yang positif diberikan albendazol triple dose dan sampel feses diperiksa kembali untuk mengetahui cure rate (CR) dan egg reduction rate (ERR) dua minggu setelah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan dari 246 sampel, didapatkan 192 anak (78%) positif STH dan turun menjadi 66 anak (27%) setelah intervensi. Pengobatan albendazol triple dose efektif untuk mengobati infeksi cacing tambang (sebanyak 24 anak yang terinfeksi cacing tambang seluruhnya sembuh) dan A.lumbricoides (CR = 97%; ERR = 100%), tetapi kurang efektif untuk infeksi T.trichiura (CR=61% dan ERR= 91%). Meskipun demikian, rerata hitung telur T.trichiura sebelum dan dua minggu setelah pengobatan menurun secara bermakna (uji Wilcoxon, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Kartika Qonita Putri - Nama Orang
Saleha Sungkar - Nama Orang

No. Panggil
S16206fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 36 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16206fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16206FKS16206fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas Albendazol Triple Dose dalam Pengobatan Infeksi Cacing Usus = The Effectiveness of Triple Dose Albendazole for the Treatment of Intestinal Helminth Infections.

Related Collection