Skripsi

Hubungan antara Kematian dengan Durasi Kelebihan Cairan pada Pasien yang Mendapat Terapi Cairan di Ruang Rawat Intensif Rumah Sakit Ciptomangunkusumo = Association Between Mortality and Fluid Overload Duration in Dr. Cipto Mangunkusumo National General Hospital's Intensive Care Unit Patients.

Latar Belakang: Resusitasi cairan merupakan terapi yang sering diberikan pada ruang rawat intensif untuk mengembalikan perfusi jaringan. Namun, seringkali terapi resusitasi cairan menyebabkan kelebihan cairan yang memiliki efek buruk terhadap pasien termasuk kematian Tujuan: Penelitian retrospektif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mortalitas dengan durasi kelebihan cairan di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo Metode: Sebanyak 194 pasien yang mengalami kelebihan cairan dan berada di ruang rawat intensif selama 7 hari atau lebih, diperoleh melalui teknik consecutive sampling, dievaluasi. Durasi kelebihan cairan dan kematian 28 hari dicatat. Sampel yang diperoleh dibagi menjadi dua kelompok, yaitu pasien yang mengalami kelebihan cairan kurang dari sama dengan 4 hari dan pasien yang mengalami kelebihan cairan lebih dari 4 hari. Sampel kemudian dianalisis menggunakan uji bivariat Chi square untuk diketahui hubungannya dengan kematian. Hasil: Terdapat hubungan antara kematian dengan durasi kelebihan cairan dengan nilai P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Eka Pramudita - Nama Orang
Dita Aditianingsih - Nama Orang

No. Panggil
S17013fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvi, 35 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17013fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17013fkS17013fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Kematian dengan Durasi Kelebihan Cairan pada Pasien yang Mendapat Terapi Cairan di Ruang Rawat Intensif Rumah Sakit Ciptomangunkusumo = Association Between Mortality and Fluid Overload Duration in Dr. Cipto Mangunkusumo National General Hospital's Intensive Care Unit Patients.

Related Collection