Tesis

Pengaruh Jenis Kelamin, Usia, dan Data Antropometri terhadap Landmark Blok Popliteal pada Ras melayu di Indonesia : Penelitian Observasional dengan panduan Ultrasonografi = “ Influence of Gender, Age, And Anthropometric Data on Popliteal Block Landmark on Malay Race in Indonesia: An Observational Research with Ultrasound Guidance”.

Latar belakang : Teknik blok popliteal menggunakan stimulator saraf masih menjadi pilihan di Indonesia. Keberhasilan blok meningkat jika pengetahuan dan pemahaman landmark anatomi baik. Landmark anatomi berupa jarak titik percabangan saraf skiatik terhadap lipatan fossa popliteal dan kedalaman titik tersebut dari kulit. Perbedaan landmark anatomi dapat terjadi karena perbedaan ras akibat perbedaan ukuran tulang panjang dan massa otot. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh jenis kelamin, usia, dan data antropometri terhadap landmark blok popliteal pada ras Melayu di Indonesia dengan menggunakan panduan ultrasonografi. Metode : Penelitian bersifat analitik observasional dengan rancangan potong lintang. Penelitian dilaksanakan di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta pada bulan Januari-April 2017 setelah medapatkan izin dari komite etik. Usaha mencari gambaran percabangan saraf skiatik pada tungkai kanan dan kiri menggunakan ultrasonografi dua dimensi dilakukan pada 107 pasien yang akan menjalani operasi bedah terencana di Instalasi Bedah Terpadu. Data yang diperoleh dianalisis melalui SPSS untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara jenis kelamin, usia tinggi badan, berat badan dan IMT terhadap landmark blok popliteal serta memperoleh formula prediksi landmark blok popliteal pada ras Melayu di Indonesia. Hasil : Pada penelitian ini diperoleh hubungan bermakna jenis kelamin, tinggi badan terhadap jarak percabangan saraf skiatik ke lipatan fossa popliteal dan hubungan bermakna berat badan, IMT terhadap jarak percabangan saraf skiatik pada permukaan kulit dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Sri Rejeki - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang
Darto Satoto - Nama Orang

No. Panggil
T17439fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xv, 86 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17439FKT17439fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Jenis Kelamin, Usia, dan Data Antropometri terhadap Landmark Blok Popliteal pada Ras melayu di Indonesia : Penelitian Observasional dengan panduan Ultrasonografi = “ Influence of Gender, Age, And Anthropometric Data on Popliteal Block Landmark on Malay Race in Indonesia: An Observational Research with Ultrasound Guidance”.

Related Collection