Tesis

Hubungan Tampilan Susukan Endometriosis Pada Saat Pembedahan Laparoskopik Dengan Karakteristik Nyeri Pada Endometriosis Pelvik = Correlation Between Endometriosis Stage, Adhesion, and Lesion Type During Laparoscopic Surgery and Severity of Pelvic Pain Symptoms: A Retrospective Analysis In Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta.

Latar Belakang : Hubungan antara endometriosis dan nyeri pelvik telah banyak diketahui, namun penjelasan tentang mengapa hal ini bisa terjadi masih belum jelas diketahui. Dapat ditemukan keluhan nyeri hebat pada penderita endometriosis ringan, namun sebaliknya, dijumpai pula penderita endometriosis derajat berat tanpa keluhan nyeri berarti. Tujuan : Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara tampilan susukan endometriosis dan karakteristik nyeri pelvik. Metode : Rancangan penelitian ini menggunakan desain studi retrospektif dengan metode analisis korelasi antara dua variabel numerik. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Rujukan Nasional dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil data retrospektif (rekam medis) dari 131 pasien yang dilakukan laparoskopi atas indikasi endometriosis dari tahun 2012-2016. Hasil: Endometriosis minimal terdapat pada 2 pasien, endometriosis ringan pada 3 pasien, endometriosis sedang di 26 pasien, dan endometriosis berat pada 104 pasien. Berdasarkan tampilan makroskopik, endometriosis ovarium terdapat pada 92,4%, endometriosis peritoneal 82,4%, ESD 40,5%, dan adenomiosis pada 19,1%. Terdapat korelasi positif bermakna antara skor ASRM total, subskor kista endometriosis, endometriosis superfisial, obliterasi kavum douglas, dan adhesi adneksa dengan VAS dismenorea (r=0,303; 0,187; 0,203; 0,278; 0,266, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Renny Lestari Avriyani - Nama Orang
Herbert Situmorang - Nama Orang

No. Panggil
T17438fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 76 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17438FKT17438fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Tampilan Susukan Endometriosis Pada Saat Pembedahan Laparoskopik Dengan Karakteristik Nyeri Pada Endometriosis Pelvik = Correlation Between Endometriosis Stage, Adhesion, and Lesion Type During Laparoscopic Surgery and Severity of Pelvic Pain Symptoms: A Retrospective Analysis In Cipto Mangunkusumo Hospital Jakarta.

Related Collection