Tesis

Eksplorasi Proses Komunikasi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik dalam Melakukan Anamnesis di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta = Exploration of Medical Student’s Communication Process in History Taking during Clinical Clerkship at Faculty of Medicine Muhammadiyah University Jakarta.

Latar Belakang : Pembelajaran keterampilan komunikasi pada tahap akademik seringkali tidak diterapkan di tahap klinik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses komunikasi mahasiswa dalam melakukan anamnesis di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PSKD FKK UMJ) secara mendalam Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap mahasiswa yang sedang melakukan anamnesis dengan pasien di klinik penyakit dalam, dan focus group discussion (FGD) dengan mahasiswa di stase penyakit dalam. Triangulasi data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan staf pengajar di stase penyakit dalam. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan The Calgary Cambridge Observation Guide. Hasil FGD dan wawancara dituliskan dalam bentuk transkrip verbatim lalu dilakukan analisis tematik dan koding. Selanjutnya dilakukan reduksi dan penyajian data. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kekurangan dalam mengumpulkan informasi, membangun struktur anamnesis, membangun hubungan, dan mengakhiri anamnesis, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berhubungan dengan mahasiswa seperti pelatihan keterampilan komunikasi yang meliputi pelatihan pada tahap klinik dan tahap akademik, faktor pesonal, role model, faktor kepercayaan diri, faktor pengetahuan, faktor psikologis, faktor waktu, dan faktor yang berhubungan dengan pasien. Hal ini juga disebabkan karena belum adanya panduan khusus yang digunakan untuk melakukan keterampilan komunikasi. Kesimpulan : Pembelajaran keterampilan komunikasi di PSKD FKK UMJ sudah diberikan sejak awal pendidikan sampai tahap klinik dan terintegrasi dalam keterampilan anamnesis, namun masih banyak mahasiswa kepaniteraan klinik yang tidak melakukan proses komunikasi dengan baik, yang dipengaruhi oleh faktor mahasiswa dan faktor pasien.
Kata kunci : Proses komunikasi, anamnesis, kepaniteraan klinik


Background : Learning communication skill in undergraduate medical student are not applied into the clinical phase. This study is aimed to explore of clinical clerkship student’s communication process during the medical interview at Faculty of Medicine Muhammadiyah University of Jakarta Method : This study used qualitative research methods with phenomenological approach. Data was collected through observation to student clinical clerkship during the medical interview with patient’s polyclinic in internal medicine and focus group discussion with students in internal medicine. Triangulation data through in-depth interview with faculty polyclinic in internal medicine. Observation used The Calgary Cambridge Observation Guide. The result of FGD and interview were transcribed verbatim, analysed thematically and coded, to reduce and present the data. Result : The results obtained in this study indicate that the student has some weakness in gathering information, providing structure, building relationship, and closing the session which can be caused doctor-related factors such as communication skill training in academic phase and clinical phase, personality, role model, self-confidence, knowladge factors, psychological factors, time factors, and patient-related factors. It can also be caused due to the absence of spescific guidelines that are used to perform communication skills. Conclusion : Communication skill learning in PSKD FKK UMJ were conducted since in undergraduate and clinical phase by integrated in medical interview skills, but students’performance during clerkship showed that their communication skill still need improvement.
Keyword : communication process, medical interview, clerkship

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Gladys Dwiani Tinovella Tubarad - Nama Orang
Estivana Felaza - Nama Orang
Endang basuki - Nama Orang

No. Panggil
T16600fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Megister Pendidikan Kedokteran.,
Deskripsi Fisik
xiii, 148 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
File digital
T16600FKT16600FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Eksplorasi Proses Komunikasi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik dalam Melakukan Anamnesis di Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta = Exploration of Medical Student’s Communication Process in History Taking during Clinical Clerkship at Faculty of Medicine Muhammadiyah University Jakarta.

Related Collection