Tesis

Determinan Diagnosis Nefritis Lupus Proliferatif Berdasarkan Klinis dan Laboratorium: Suatu Penelitian Diagnostik = Diagnostic Determinants of Proliferative Lupus Nephritis Based on Clinical and Laboratory Parameter: A Diagnostic Study.

Latar Belakang. Nefritis lupus (NL) proliferatif memiliki prevalensi yang lebih tinggi dan prognosis yang lebih buruk dibandingkan NL non-proliferatif. Pemeriksaan histopatologi memegang peranan penting dalam diagnosis dan terapi NL proliferatif, namun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Sistem skor NL proliferatif diperlukan untuk membantu diagnosis NL proliferatif terutama pada kondisi biopsi ginjal tidak dapat dilakukan. Tujuan. Menetapkan sistem skor diagnosis NL proliferatif berdasarkan determinan hipertensi, proteinuria, hematuria, eGFR, kadar anti-dsDNA, dan C3. Metode. Penelitian diagnostik dengan desain potong-lintang terhadap 113 pasien NL yang terbukti dari pemeriksaan Patologi Anatomik di RSCM sejak Januari 2007 hingga Juni 2017 dengan metode total sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data dilakukan dengan program statistik SPSS Statistics 20.0 untuk analisis univariat, bivariat, multivariat, Receiving Characteristics Operator, serta analisis bootstrapping pada Kalibrasi HosmerLemeshow. Hasil. Sebanyak 191 subjek dianalisis untuk proporsi NL proliferatif, didapatkan proporsi NL proliferatif pada pasien NL yang terbukti dari biopsi ginjal di RSCM sebesar 74,8%. Sebanyak 113 subjek dianalisis untuk mendapatkan determinan NL proliferatif. Pada analisis multivariat, hipertensi (OR= 3,39; 95%IK 1,308,84), eGFR

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Mita Hafsah Saraswati - Nama Orang
Aida Lydia - Nama Orang
Dharmeizar - Nama Orang
Meilania Saraswati - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang

No. Panggil
T17430fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xix, 109 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17430FKT17430fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Determinan Diagnosis Nefritis Lupus Proliferatif Berdasarkan Klinis dan Laboratorium: Suatu Penelitian Diagnostik = Diagnostic Determinants of Proliferative Lupus Nephritis Based on Clinical and Laboratory Parameter: A Diagnostic Study.

Related Collection