Tesis

Uji Keandalan dan Kesahihan Kuesioner Cardiac Depression Scale Untuk Mendeteksi Depresi Pasca Sindrom Koroner Akut di Indonesia = Reliability and Validity Study of Cardiac Depression Scale to Detect Post-Acute Coronary Syndrome Depression in Indonesia.

Latar Belakang. Depresi pasca SKA memiliki prevalensi sebesar 20-37%, yaitu sekitar tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan pada populasi umum. Pasien pasca SKA yang mengalami depresi dalam waktu 2 tahun pertama memiliki risiko mortalitas sebesar 2.5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan pasien yang tidak mengalami depresi. Meskipun prevalensinya cukup tinggi, namun kondisi ini seringkali tidak terdeteksi sehingga sulit untuk ditatalaksana. Kuesioner CDS telah terbukti andal dan sahih untuk mendeteksi depresi pasca SKA di beberapa negara, namun belum ada penelitian yang menguji keandalan dan kesahihan kuesioner tersebut di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keandalan dan kesahihan kuesioner CDS berbahasa Indonesia sebagai alat ukur untuk mendeteksi depresi pasca SKA di Indonesia. Metode. Penelitian ini merupakan studi potong lintang yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap adaptasi lintas bahasa dan budaya serta tahap uji keandalan dan kesahihan. Subjek penelitian terdiri atas pasien rawat jalan pasca SKA yang berobat di Polikilinik Kardiologi PJT RSCM pada bulan Juli-September 2017. Uji keandalan dilakukan dengan menilai Intraclass Correlation Coefficient (ICC) melalui metode test-retest dan menilai Cronbach-alpha untuk mengetahui konsistensi internal. Uji kesahihan dilakukan dengan menilai kesahihan konstruksi melalui multitrait multimethod analysis dan kesahihan eksternal dengan cara membandingkan CDS dengan kuesioner BDI-II sebagai alat ukur standar untuk menilai depresi. Hasil. Penelitian ini diikuti oleh 56 subjek dengan rerata usia 58.39+8.38 tahun. Sebagian besar subjek berjenis kelamin laki-laki (64.3%) dan sudah menikah (80.4%). Uji keandalan memberikan hasil yang baik, terbukti dengan nilai ICC (r 0.944; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Yaldiera Utami - Nama Orang
Ikhwan Rinaldi - Nama Orang
Sally A. Nasution - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang

No. Panggil
T17423fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xxi, 137 hlm., 20cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17423FKT17423fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Keandalan dan Kesahihan Kuesioner Cardiac Depression Scale Untuk Mendeteksi Depresi Pasca Sindrom Koroner Akut di Indonesia = Reliability and Validity Study of Cardiac Depression Scale to Detect Post-Acute Coronary Syndrome Depression in Indonesia.

Related Collection