Tesis

Perbandingan kadar kalium pada serum dari tabung vakum clot activator, plasma dari tabung vakum litium heparin, serta plasma dari tabung vakum litium heparin dengan gel separator = Comparison of serum potassium level from vacuum clot activator tube, plasma potassium level from vacuum heparin lithium tube, and plasma potassium level from vacuum heparin lithium tube with gel separator.

Kalium merupakan kation intraseluler utama dalam tubuh yang penting untuk kelangsungan fungsi sel terutama menjaga rangsang elektrik jantung dan otot. Perubahan kadar kalium dalam darah sangat mempengaruhi kerja otot jantung dan fungsi sel sehingga diperlukan pemeriksaan kadar kalium yang tepat dan akurat agar terapi dan monitoring pasien tepat. Hasil pemeriksaan kalium sangat dipengaruhi oleh faktor pra-analitik. Sampel yang direkomendasikan untuk pemeriksaan kalium adalah plasma heparin. Penelitian ini ingin melihat perbedaan kadar kalium yang diperiksa menggunakan sampel berupa serum dari tabung vakum berisi clot activator (tabung II), plasma dari tabung vakum berisi litium heparin (tabung III), dan plasma dari tabung vakum berisi litium heparin dengan gel separator (tabung IV). Penelitian ini juga ingin mengetahui perbedaan kadar kalium yang diperiksa menggunakan sampel dari tabung berisi clot activator pada pengambilan darah pertama (tabung I) dan kedua (tabung II). Desain penelitian adalah potong lintang dengan subjek penelitian 80 orang. Perbedaan kadar kalium yang bermakna statistik terdapat antara tabung II dan III (p=0.001), serta antara tabung II dan IV (p=0.01). Persentase perbedaan rerata dengan standar kadar kalium serum, antara tabung II dan III adalah 6.8, dan tabung II dan IV adalah 7.7, sedangkan terhadap standar kadar kalium plasma litium heparin yaitu 7.3 dan 8.3. Angka tersebut melebihi batas desirable bias (1.81), yang berarti ada kemaknaan klinis pada perbedaan kadar kalium antara tabung II dan III serta tabung II dan IV. Hasil uji t-berpasangan pada tabung I dan II didapatkan perbedaan kadar kalium yang bermakna secara statistik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Tri Wahyuni - Nama Orang
July Kumalawati - Nama Orang

No. Panggil
T17395fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Patologi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 47 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17395FKT17395fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan kadar kalium pada serum dari tabung vakum clot activator, plasma dari tabung vakum litium heparin, serta plasma dari tabung vakum litium heparin dengan gel separator = Comparison of serum potassium level from vacuum clot activator tube, plasma potassium level from vacuum heparin lithium tube, and plasma potassium level from vacuum heparin lithium tube with gel separator.

Related Collection