Tesis

Perbandingan efek tindakan akupunktur superfisial dry needling dengan sparrow pecking terhadap visual analogue scale, range of motion, dan creatine kinase pada kasus nyeri miofasial otot upper trapezius = Comparison the effect of superficial dry needling with sparrow pecking acupuncture to visual analogue scale, range of motion, and creatine kinase in myofascial pain of upper trapezius muscle.

Nyeri miofasial merupakan penyakit otot yang ditandai dengan nyeri lokal dan nyeri rujukan yang dipicu oleh titik picu miofasial atau trigger point (TP). Otot upper trapezius merupakan otot yang paling sering terlibat. Tatalaksana akupunktur manual dapat dilakukan dengan berbagai tekhnik. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan efek dari tindakan akupunktur superfisial dry needling (SDN) dan sparrow pecking (SP) terhadap visual analogue scale (VAS), range of motion (ROM)dan creatine kinase (CK) pada penderita nyeri miofasial upper trapezius. Telah dilakukan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized control trial. Sampel sebanyak 36 orang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 18 orang. Kelompok A mendapatkan tindakan SDN, sedangkan Kelompok B mendapatkan tindakan SP. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur nilai VAS, nilai ROM dan kadar CK sebelum dan 10 jam sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian didapatkan peningkatan kadar CK pada kelompok SP lebih besar dibandingkan peningkatan kadar CK pada kelompok SDN (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Hafiz Fizalia - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Kemas Abdurrohim - Nama Orang
Angela B. M. Tulaar - Nama Orang
Rahayuningsih Dharma - Nama Orang

No. Panggil
T17353fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 76 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17353FKT17353fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan efek tindakan akupunktur superfisial dry needling dengan sparrow pecking terhadap visual analogue scale, range of motion, dan creatine kinase pada kasus nyeri miofasial otot upper trapezius  = Comparison the effect of superficial dry needling with sparrow pecking acupuncture to visual analogue scale, range of motion, and creatine kinase in myofascial pain of upper trapezius muscle.

Related Collection