Tesis

Pengaruh Terapi Kombinasi Elektroakupunktur dan Medikamentosa Terhadap Profil Lipid dan Lingkar Perut pada Penderita Sindrom Metabolik = Effect of Electroacupuncture Combined with Medication on Lipid Profile and Waist Circumference of Metabolic Syndrome Patients.

Sindrom metabolik adalah sekelompok kelainan metabolik yang terdiri dari obesitas, resistensi insulin, dislipidemia dan hipertensi. Setiap komponen dari sindrom metabolik sebagai faktor risiko mayor kardiovaskular. Dislipidemia sebagai faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Penanganan sindrom metabolik memerlukan tatalaksana yang menyeluruh baik farmakologik maupun non farmakologik. Penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat memperbaiki dislipidemia seperti menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan LDL serta meningkatkan HDL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi kombinasi elektroakupunktur dan medikamentosa terhadap profil lipid dan lingkar perut penderita sindrom metabolik. Uji klinis acak tersamar tunggal dengan kontrol sham dilakukan pada 50 penderita sindrom metabolik yang dialokasikan secara acak menjadi kelompok terapi kombinasi elektroakupunktur dan medikamentosa (kelompok elektroakupunktur) atau kelompok terapi kombinasi elektroakupunktur sham dan medikamentosa (kelompok kontrol). Kadar kolesterol total, HDL, LDL, trigliserida dan lingkar perut digunakan untuk mengukur keluaran penelitian. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan bermakna lingkar perut kelompok elektroakupunktur sebesar -4,00 ((-5,00) – (-2)) cm dibandingkan kelompok kontrol 0,00 ((-2) – 3,00) cm(p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Yudha Puspa Handini - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Christina L. Simadibrata - Nama Orang
Sandy Perkasa - Nama Orang

No. Panggil
T17348fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xvii, 125 hlm., 14cm x 20cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17348fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17348FKT17348fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Terapi Kombinasi Elektroakupunktur dan Medikamentosa Terhadap Profil Lipid dan Lingkar Perut pada Penderita Sindrom Metabolik = Effect of Electroacupuncture Combined with Medication on Lipid Profile and Waist Circumference of Metabolic Syndrome Patients.

Related Collection