Tesis

Kemudahan Pemasangan Pipa Nasogastrik pada Pasien Terintubasi : Perbandingan antara Metode Digiti dengan Manuver Reverse Sellick = Feasibility of Nasogastric Tube Insertion in Intubated Patient : Comparison between Digiti Method and Reverse Sellick Manuver.

Latar Belakang: Pemasangan pipa nasogastrik pada pasien tidak sadar yang terintubasi memiliki kesulitan tersendiri. Berbagai teknik pemasangan pipa nasogastrik dilakukan untuk memudahkan pemasangan pipa nasogastrik pada pasien terintubasi. Salah satu teknik yang sudah dikenal untuk memudahkan pemasangan pipa nasogastrik pada pasien terintubasi adalah manuver reverse Sellick. Akan tetapi manuver reverse Sellick masih memiliki angka kegagalan yang cukup tinggi. Metode digiti merupakan teknik baru yang mudah dan memiliki angka keberhasilan yang tinggi serta angka komplikasi yang minimal. Kemudahan pemasangan dinilai dari angka keberhasilan pemasangan pada upaya pertama, lama upaya pemasangan yang lebih singkat pada upaya pertama, serta angka komplikasi berupa bercak darah yang lebih minimal. Metode: Penelitian ini merupakan uji klinis acak tersamar tunggal untuk membandingkan kemudahan pemasangan pipa nasogastrik pada pasien terintubasi. Setelah mendapat izin komite etik dan informed consent sebanyak 210 subyek dengan consecutive sampling, subyek dirandomisasi menjadi dua kelompok yaitu kelompok subyek yang mendapatkan perlakuan dengan metode digiti dan kelompok subyek yang mendapat perlakuan dengan manuver reverse Sellick. Dilakukan pencatatan keberhasilan pipa nasogastrik pada upaya pertama, lama upaya pemasangan yang diperlukan, serta angka komplikasi pemasangan pipa nasogastrik berupa bercak darah. Uji Chi-square dan Mann-Whitney dilakukan untuk menganalisis data. Hasil: Angka keberhasilan pada upaya pemasangan pertama dengan metode digiti adalah sebesar 81,6% dibandingkan dengan manuver reverse Sellick sebesar 60,7% (p=0,002). Nilai median lama upaya pertama pemasangan pipa nasogastrik dengan metode digiti adalah 13 detik sedangkan dengan manuver reverse Sellick 12 detik (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Liliana Mangkuwerdojo - Nama Orang
Aida Rosita Tantri - Nama Orang
Rahendra - Nama Orang

No. Panggil
T17340fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif.,
Deskripsi Fisik
xvi, 52 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17340fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17340FKT17340fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kemudahan Pemasangan Pipa Nasogastrik pada Pasien Terintubasi : Perbandingan antara Metode Digiti dengan Manuver Reverse Sellick = Feasibility of Nasogastric Tube Insertion in Intubated Patient : Comparison between Digiti Method and Reverse Sellick Manuver.

Related Collection