Tesis

Kadar Kotinin Urin dan CO udara ekspirasi setelah menggunakan shisha = The level of urinary cotinine and exhaled air CO level after shisha smoking.

Latar Belakang : Penggunaan shisha saat ini telah banyak di Indonesia dikarenakan anggapan bahwa shisha aman dan tidak berbahaya dibanding rokok. Kotinin urin dan CO udara ekspiaasi merupakan indikator pajanan asap rokok. Penlitian ini untuk mengetahui kadar kotinin urin dan CO udara ekspirasi setelah menggunakan shisha.. Metode : Penelitian potong lintang pada pengguna shisha setelah menggunakan shisha. Responden dikelompokkan menjadi kelompok pengguna shisha dan bukan perokok berdasarkan status merokok dan status penggunaan shisha. Data yang diperoleh dari kuesioner, sampel urin dan CO udara ekspirasi sebelum dan 30 menit setelah menggunakan shisha yang diukur dengan metode ELISA dan alat smokelyzer. Hasil : Total responden 96 yang terdiri dari 48 pengguna shisha dan 48 bukan perokok. Kadar kotinin urin dan kadar CO udara ekspirasi setelah menggunakan shisha pada pengguna shisha lebih tinggi dibandingkan bukan perokok (median 162,7 vs 6,5 ng/ml; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Liyah Giovana - Nama Orang
Feni Fitriani - Nama Orang
Agus Dwi Susanto - Nama Orang

No. Panggil
T17312fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 82 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17312fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17312FKT17312fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kadar Kotinin Urin dan CO udara ekspirasi setelah menggunakan shisha = The level of urinary cotinine and exhaled air CO level after shisha smoking.

Related Collection