Tesis

Rerata Nilai Atenuasi CT Scan untuk Membedakan Lesi Tumoral dan Non Tumoral pada Karsinoma Nasofaring Pasca Terapi = Average Attenuation Value of CT scan to Differentiate Tumoral and Non Tumoral Lesions in Post-Therapy Nasopharyngeal Carcinoma.

Latar belakang dan tujuan: Evaluasi lesi residu/rekuren pada karsinoma nasofaring pasca terapi menggunakan CT scan masih sulit dilakukan karena asimetri nasofaring dapat diakibatkan oleh lesi tumoral maupun non-tumoral. CT scan memiliki nilai atenuasi sebagai parameter objektif untuk membedakan densitas lesi. Pengukuran nilai atenuasi lesi sebelum dan sesudah kontras diharapkan dapat menjadi panduan untuk biopsi atau pemeriksaan radiologik selanjutnya. Metode: Studi ini menggunakan desain potong lintang dengan data sekunder menggunakan uji t-independen terhadap 54 subjek untuk mengetahui perbedaan rerata nilai atenuasi sebelum dan sesudah kontras, kemudian didapatkan nilai titik potong optimal untuk membedakan lesi tumoral dan non-tumoral menggunakan kurva receiver operating characteristics (ROC). Hasil: Nilai rerata atenuasi lesi non-tumoral dan lesi tumoral sebelum kontras adalah 45,5 HU dan 51,3 HU (p=0,03), sedangkan pasca kontras adalah 70,1 HU dan 78,1 HU (p=0,01). Titik potong optimal untuk membedakan lesi tumoral dan non-tumoral adalah titik potong nilai atenuasi lesi pasca kontras yaitu 73,5 HU dengan sensitivitas 72,2% , spesifisitas 61,1%, nilai taksir positif 48,1 %, dan nilai taksir negatif 81,5%. Kesimpulan: Terdapat perbedaan bermakna antara rerata nilai atenuasi lesi tumoral dan non-tumoral sebelum dan sesudah kontras. Nilai atenuasi lesi nasofaring pasca kontras sebesar ≥73,5 HU sugestif suatu lesi tumoral sedangkan

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Zerry Aulia - Nama Orang
Indrati Suroyo - Nama Orang
Marlinda Adham - Nama Orang
Budiana Tanurahardja - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T17304fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 58 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17304fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17304FKT17304fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Rerata Nilai Atenuasi CT Scan untuk Membedakan Lesi Tumoral dan Non Tumoral pada Karsinoma Nasofaring Pasca Terapi = Average Attenuation Value of CT scan to Differentiate Tumoral and Non Tumoral Lesions in Post-Therapy Nasopharyngeal Carcinoma.

Related Collection