Tesis

Hubungan iklim keselamatan dan kesejahteraan psikologis terhadap perilaku keselamatan pada penerbang sipil di Indonesia = The relationship of climate safety and psychological wellbeing to safety behavior on civil pilots in Indonesia.

Latar belakang: Perilaku keselamatan sangat penting untuk mengurangi terjadinya kecelakaan dalam penerbangan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara iklim keselamatan dan kesejahteraan psikologis dengan perilaku keselamatan penerbang komersil di Indonesia. Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik dengan menggunakan metode potong lintang dengan teknik pengambilan sampel yaitu consecutive sampling. Data dikumpulkan dengan pengisian kuesioner oleh subjek mengenai variabel iklim keselamatan, kesejahteraan psikologis dan perilaku keselamatan. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil: Iklim keselamatan berhubungan positif dan signifikan terhadap perilaku keselamatan (ß=0,646; p=0,000), kesejahteraan psikologis berhubungan positif dan signifikan terhadap perilaku keselamatan (ß=0,231; p=0,044). Kesimpulan: Iklim keselamatan dan kesejahteraan psikologis berhubungan positif dan signifikan terhadap perilaku keselamatan penerbang sipil di Indonesia. Iklim keselamatan dan kesejahteraan psikologis secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keselamatan penerbang sipil di Indonesia dengan nilai R 2 = 0,742 dan p value =

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Albert Fernandes - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang
Widura Imam Mustopo - Nama Orang

No. Panggil
T17301fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Penerbangan.,
Deskripsi Fisik
xiv, 72 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17301fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17301FKT17301fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan iklim keselamatan dan kesejahteraan psikologis terhadap perilaku keselamatan pada penerbang sipil di Indonesia = The relationship of climate safety and psychological wellbeing to safety behavior on civil pilots in Indonesia.

Related Collection