Tesis

Efek Media Napas Nitrox II Dibandingkan Udara Kompresi dalam Penyelaman Tunggal Dekompresi terhadap Ekspresi eNOS dan FMD pada Penyelam Laki-laki Terlatih = Effect of Nitrox II Compared to Compressed Air Breathing in Single Decompression Dive on eNOS expression and FMD among Trained Male Divers.

Latar Belakang : Keberadaan Nitrox dengan komposisi oksigen lebih dari 21% bertujuan mengurangi persentase gas nitrogen sehingga mempersingkat fase dekompresi. Akan tetapi masih terdapat kontroversi mengenai efek Nitrox II yaitu efek negatif yang dikaitkan dengan tekanan parsial oksigen tinggi menginduksi peningkatan reactive oxygen species (ROS) yang dapat mengganggu aktivitas endothellial nitric oxyde synthase (eNOS) menimbulkan disfungsi endotel dan menurunkan flow-mediated dilation (FMD) bertolak belakang dengan efek positifnya menurunkan venous gas bubble. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Nitrox II terhadap ekspresi eNOS dan FMD. Metode : Penelitian ini merupakan true experimental menggunakan desain double-blind terhadap 39 orang penyelam laki-laki terlatih yang terbagi menjadi dua kelompok dengan blok randomisasi, yaitu kelompok Udara sebagai kontrol menggunakan udara kompresi dan kelompok Nitrox II. Kedua kelompok melakukan penyelaman tunggal dekompresi 28 msw, bottom time 50 menit dalam RUBT. Ekspresi eNOS diukur menggunakan teknik ELISA dan FMD diukur menggunakan LDF Periflux 5000 pada regio brachii, sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil : Terdapat penurunan eNOS (p=0,029) dan FMD (p=0,001) pada kelompok Udara. Peningkatan ekspresi eNOS (p=0,018) dan FMD (p=0,023) pada kelompok Nitrox II. Selisih rerata eNOS dan FMD kelompok Nitrox II lebih besar dari kelompok Udara (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Ika Rahma Mustika Hati - Nama Orang
Ambar Roestam - Nama Orang
M. Guritno Suryokusumo - Nama Orang

No. Panggil
T17291fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Kedokteran Kerja.,
Deskripsi Fisik
xvi, 150 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17291fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17291FKT17291fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Media Napas Nitrox II Dibandingkan Udara Kompresi dalam Penyelaman Tunggal Dekompresi terhadap Ekspresi eNOS dan FMD pada Penyelam Laki-laki Terlatih = Effect of Nitrox II Compared to Compressed Air Breathing in Single Decompression Dive on eNOS expression and FMD among Trained Male Divers.

Related Collection