Tesis

Profil Kanker di Wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu 2008 – 2012 : Berdasarkan Data di RSCM Sebagai Pusat pengendali Data Registrasi Kanker DKI Jakarta = Cancer Profiles in North Jakarta and Kepulauan Seribu Region 2008 - 2012: Based on Data at RSCM As Central Controlling Data of Cancer DKI Jakarta.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian dengan angka mortalitas tertinggi dengan angka kematian yang hampir sama disebabkan oleh penyakit jantung koroner maupun stroke. Beban akibat kanker di masa depan diprediksikan akan terus meningkat terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Penelitian ini melaporkan profil pasien kanker yang berdomisili di wilayah Kota administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu tahun 2008 – 2012 yang bersama dengan penilitian wilayah kota administrasi di wilayah Jakarta lainnya akan digabungkan membentuk profil kanker provinsi DKI Jakarta. Data penelitian diperoleh dari data registrasi kanker di RSCM sebagai Pusat Pengendali Registrasi Kanker Provinsi DKI Jakarta, dengan total 2185 kasus atau sekitar 14.8 % dari seluruh kasus pasien kanker yang terdata pada registrasi kanker di Provinsi DKI Jakarta. Jumlah pasien kanker laki-laki adalah 740 dan perempuan adalah 1445. Kelompok usia terbanyak adalah pada usia 45 – 54 tahun, yaitu sebanyak 29 %. Distribusi pekerjaan terbanyak adalah ibu rumah tangga (27.6 %). Distribusi stadium kanker terbanyak adalah pada stadium 3, yaitu 21,1 %, Urutan lima kanker terbanyak adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker nasofaring, keganasan sistim hematopoetik, dan kanker ovarium. Pada laki-laki, urutan lima kanker terbanyak adalah kanker nasofaring, kanker paru, keganasan sistim hemaatopoetik, kelenjar getah bening, dan kanker hati. Sedangkan pada perempuan, urutan kanker terbanyak adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker ovarium, kanker tiroid, dan keganasan sistim hematopoetik. Distribusi usia subyek pada lima kanker terbanyak adalah pada kelompok usia 45-54 tahun, yaitu pada kanker payudara, kanker serviks, kanker nasofaring, dan kanker ovarium. Pada keganasan sistim hematopoetik kelompok usia terbanyak pada

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dion Firli Bramantyo - Nama Orang
Soehartati G. - Nama Orang

No. Panggil
T17289fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Onkologi Radiasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 69 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17289fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17289FKT17289fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Profil Kanker di Wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu 2008 – 2012 : Berdasarkan Data di RSCM Sebagai Pusat pengendali Data Registrasi Kanker DKI Jakarta = Cancer Profiles in North Jakarta and Kepulauan Seribu Region 2008 - 2012: Based on Data at RSCM As Central Controlling Data of Cancer DKI Jakarta.

Related Collection