Tesis

Analisis ekspresi Alpha-Fetoprotein dan korelasinya dengan ekspresi Afamin selama perkembangan hati tikus = Analysis of Alpha-Fetoprotein expression and its correlation with Afamin expression during rat liver development.

Ekspresi Alpha-Fetoprotein (AFP) oleh hati yang tinggi selama perkembangan embrio diasumsikan penting untuk perkembangan tubuh mamalia. Namun, penelitian AFP knockout pada mencit menunjukkan bahwa tubuh mencit berkembang secara normal dan satu-satunya abnormalitas yang diamati hanyalah infertilitas pada mencit betina. Afamin (AFM) merupakan anggota keluaga gen albumin keempat terletak di kromosom yang sama dengan AFP, dan memiliki kemiripan sequence asam amino sebesar 60,4%. Ekspresi AFM meningkat pada mencit dengan AFP knockout; sehingga, diduga AFM mengkompensasi AFP selama perkembangan embrional mencit ini. Untuk membuktikan bahwa apakah AFM mengkompensasi ketiadaan AFP, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Namun, karena penelitian tentang dinamika ekspresi AFM selama perkembangan hati belum pernah dilaporkan, maka telah dilakukan penelitian observasional analitik tentang distribusi ekspresi AFP dan AFM pada hati tikus Wistar kelompok usia embrio (ED12,5; ED14,5; ED16,5; ED18,5), neonatus dan dewasa. Ekspresi AFP dan AFM dideteksi dengan mengunakan tehnik immunohistokimia dengan menilai lokasi dan intensitas ekspresinya mengunakan IHC Optical density score. Pada ED12,5, ekspresi AFP terlihat terdistribusi merata dalam hepatoblas. Ekspresi ini mencapai puncak pada ED18,5 dan menurun drastis setelah lahir. Sedangkan, ekspresi AFM tampak pada ED18,5 terdistribusi merata pada hepatosit dan tetap dipertahankan hingga dewasa. Uji korelasi spearman menunjukan bahwa ekspresi kedua protein tersebut berkorelasi (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Indriyani - Nama Orang
Isabella Kurnia Liem - Nama Orang
Ahmad Aulia Jusuf - Nama Orang

No. Panggil
T17280fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 75 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17280fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17280FKT17280fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis ekspresi Alpha-Fetoprotein dan korelasinya dengan ekspresi Afamin selama perkembangan hati tikus = Analysis of Alpha-Fetoprotein expression and its correlation with Afamin expression during rat liver development.

Related Collection