Tesis

Kesesuaian Diagnosis Spondilitis Menggunakan MRI Vertebra Tanpa Kontras Dibandingkan MRI Vertebra Dengan Kontras = Diagnostic Compatibility Study of Spondylitis Using Non Contrast Spine MRI Compared with Contrast Enhanced Spine MRI .

Latar belakang dan tujuan: Spondilitis mencakup 2–7% dari seluruh kasus infeksi musculoskeletal, biasanya merupakan proses sekunder dari fokus infeksi primer. Di Indonesia kasus spondilitis cukup sering dijumpai dengan sebagian besar kasus disebabkan oleh bakteri TB. Radiologi memegang peranan penting untuk menegakkan diagnosis penyakit ini, dengan infeksi diskus intervertebralis dan perluasannya paling baik dievaluasi menggunakan modalitas MRI vertebra. Penggunaan kontras Gd-DTPA berguna untuk menilai sejauh mana perluasan massa jaringan lunak, pemeriksaan ini memiliki nilai sensitivitas, spesifisitas, serta akurasi yang tinggi dalam menegakan diagnosis spondilitis. Namun saat ini ketersediaan kontras di beberapa daerah di Indonesia masih belum merata, harganya yang cukup mahal juga menjadi kendala, disamping itu terdapat beberapa kontraindikasi lain untuk pemberian kontras. Penelitian ini bertujuan membandingkan kesesuaian diagnosis spondilitis pada MRI vertebra tanpa kontras dengan MRI vertebra dengan kontras. Metode: Uji kesesuaian menggunakan desain potong lintang (cross-sectional study) dengan data sekunder untuk mengetahui kesesuaian diagnostik MRI vertebra tanpa kontras dan MRI dengan kontras dalam mendiagnosis spondilitis. Pemeriksaan dilakukan berdasarkan data pemeriksaan MRI vertebra dengan suspek spondilitis dalam kurun waktu Agustus 2012 sampai September 2016. Hasil: Hasil uji dengan McNemar didapatkan hasil p = 0,368, kappa R = 0,88 p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Aldi Semanta Sirath - Nama Orang
Marcel Prasetyo - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T17275fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 53 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17275fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17275FKT17275fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesesuaian Diagnosis Spondilitis Menggunakan MRI Vertebra Tanpa Kontras Dibandingkan MRI Vertebra Dengan Kontras = Diagnostic Compatibility Study of Spondylitis Using Non Contrast Spine MRI Compared with Contrast Enhanced Spine MRI .

Related Collection