Tesis

Press Needle pada Titik Akupunktur Telinga MA-TF1 Shenmen dan MA-AT Kelenjar Parotis Terhadap Xerostomia Pasien Kanker Nasofaring Pasca Radioterapi = Effect of Press Needle on Auricular Point MA-TF1 Shenmen and MA-AT Parotid Gland in Nasopharyngeal Carcinoma Patients With Radiation-Induced Xerostomia.

Xerostomia merupakan efek samping yang sering terjadi pasca radioterapi pasien kanker nasofaring (KNF) yang berdampak pada penurunan kualitas hidup. Pengobatan xerostomia dapat dilakukan dengan pilokarpin tetapi efektifitasnya kurang memuaskan dan dapat menimbulkan efek samping seperti banyak berkeringat, pusing, sakit kepala, rinitis, mual, sering buang air kecil, takikardia dan gangguan visual. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa akupunktur telinga dapat membantu mengurangi gejala xerostomia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas press needle pada titik akupunktur telinga MA-TF1 Shenmen dan MA-AT Kelenjar Parotis dibandingkan dengan press needle sham terhadap xerotomia pasien kanker nasofaring pasca radioterapi yang dinilai dengan skor Xerostomia Inventory (XI), European Organization for Research and Treatment of Cancer Head and Neck Cancer Quality of Life Questionnaire (EORTC QLQ-H&N35) dan pH Saliva. Penelitian ini merekrut 40 pasien KNF pasca radioterapi yang mengalami xerostomia yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok yaitu 20 subjek kelompok kasus yang diberikan press needle di telinga setiap 1x seminggu selama 4 minggu dan 20 subjek kelompok kontrol yang diberikan press needle sham setiap 1x seminggu selama 4 minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata penurunan skor XI pada kelompok terapi press needle lebih besar dibandingkan dengan kelompok press needle sham (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Frans Susanto - Nama Orang
Adiningsih Srilestari - Nama Orang
Christina L. Simadibrata - Nama Orang
Soehartati G. - Nama Orang

No. Panggil
T17273fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Akupunktur Medik.,
Deskripsi Fisik
xvi, 137 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17273fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17273FKT17273fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Press Needle pada Titik Akupunktur Telinga MA-TF1 Shenmen dan MA-AT Kelenjar Parotis Terhadap Xerostomia Pasien Kanker Nasofaring Pasca Radioterapi = Effect of Press Needle on Auricular Point MA-TF1 Shenmen and MA-AT Parotid Gland in Nasopharyngeal Carcinoma Patients With Radiation-Induced Xerostomia.

Related Collection