Tesis

Potensi ekstrak etanol kulit buah delima (Punica granatum Linn.) sebagai antiinflamasi kolon mencit yang diinduksi dextran sodium sulfate: Kajian pada ekspresi COX-2 dan iNOS = The potency of pomegranate peel ethanol extract (Punica granatum Linn.) as antiinflammatory agent in mice colon induced by dextran sodium sulfate: Focus on COX-2 and iNOS expressions.

Latar belakang: Inflamasi pada kolon atau kolitis ulseratif (KU) adalah penyakit inflamasi pada lapisan mukosa kolon dan salah satu sub tipe penyakit inflammatory bowel diasease. Berbagai efek samping obat kolitis menyebabkan penggunaan tanaman obat sebagai terapi alternatif. Ekstrak kulit buah delima telah digunakan pada pengobatan nyeri dan inflamasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antiinflamasi ekstrak etanol kulit buah delima pada kolon mencit melalui jalur inflamasi dengan menekan ekspresi inducible nitric oxide synthase (iNOS) dan siklooksigenase-2 (COX-2) pada kolon mencit model inflamasi kronis yang diinduksi dextran sodium sulfate (DSS). Metode: Tiga puluh mencit Swiss Webster dibagi menjadi 6 kelompok yaitu kelompok normal, kelompok aspirin (ASP), kelompok asam elagat murni (ELG), kelompok kontrol negatif, kelompok mencit yang diberi ekstrak kulit buah delima 240 mg/kgBB per hari (DOSIS-1) dan 480 mg/kgBB per hari (DOSIS-2). Kecuali kelompok normal, semua kelompok diberikan DSS 2% selama 3 siklus (setiap siklus dalam setiap kelompok diberikan DSS 2% dalam air minum selama 7 hari, kemudian 7 hari dengan air minum biasa). Pada akhir percobaan, sampel usus dicuci dengan air kemudian difiksasi dengan buffered neutral formalin (BNF) 10% dan dilakukan proses penamanan jaringan kolon pada medium parafin untuk keperluan analisis histologi. Hasil: DOSIS-1 dan DOSIS-2 secara signifikan (P

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dony Hermanto - Nama Orang
Kusmardi - Nama Orang
Ari Estuningtyas - Nama Orang

No. Panggil
T17270fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 111 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17270FKT17270fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Potensi ekstrak etanol kulit buah delima (Punica granatum Linn.) sebagai antiinflamasi kolon mencit yang diinduksi dextran sodium sulfate: Kajian pada ekspresi COX-2 dan iNOS = The potency of pomegranate peel ethanol extract (Punica granatum Linn.) as antiinflammatory agent in mice colon induced by dextran sodium sulfate: Focus on COX-2 and iNOS expressions.

Related Collection