Tesis

Korelasi Indeks Ketebalan Korteks Tulang Radius Distal Menggunakan Radiografi Konvensional dengan T-Score Kolum Femur Menggunakan Dual X-Ray Absorptiometry (DXA) = Correlation Between Distal Radius Cortical Thickness Index Using Conventional Radiography and Femoral Neck T-Score Using Dual X-Ray Absorptiometry (DXA).

Latar belakang dan tujuan: Masalah osteoporosis terdapat di seluruh dunia dan masih merupakan masalah dalam kesehatan masyarakat terutama di negara berkembang. Ketersediaan alat DXA sebagai baku emas dalam mendiagnosis osteoporosis menyebabkan minimnya penderita yang terdiagnosis dini dan mendapat terapi hingga pada akhirnya mengalami patah tulang. Pengukuran indeks ketebalan korteks tulang radius distal merupakan salah satu parameter sederhana, objektif, dan mudah diterapkan dengan menggunakan radiografi konvensional yang berguna untuk memperkirakan kepadatan massa tulang, namun perlu dibuktikan korelasinya dengan nilai T-score. Metode: Uji korelatif dengan pendekatan potong lintang pada nilai indeks ketebalan korteks radius distal menggunakan radiografi konvensional dan T-score kolum femur menggunakan DXA berdasarkan database populasi Indonesia, terhadap 38 subjek penelitian, menggunakan data primer, dalam kurun waktu Desember 2016 sampai Mei 2017. Hasil: Dengan uji korelasi Pearson antara indeks ketebalan korteks radius distal pada lokasi 1 dan 2 dengan nilai T-score kolum femur, didapatkan nilai koefisien korelasi r=0,46 (p=0,096) untuk lokasi 1 dan r=0,45 (p=0,093) untuk lokasi 2. Pada sub analisis berdasarkan kelompok jenis kelamin perempuan, didapatkan nilai koefisien korelasi r=0,53 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Yenny Rahmawati Mulyanto - Nama Orang
Nyimas Diana Yulisa - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T17261fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 58 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17261fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17261FKT17261fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Indeks Ketebalan Korteks Tulang Radius Distal Menggunakan Radiografi Konvensional dengan T-Score Kolum Femur Menggunakan Dual X-Ray Absorptiometry (DXA) = Correlation Between Distal Radius Cortical Thickness Index Using Conventional Radiography and Femoral Neck T-Score Using Dual X-Ray Absorptiometry (DXA).

Related Collection