Tesis

Uji Kesahihan dan Keandalan Kuesioner World Health Organization Quality of Life-HIV BREF Dalam Bahasa Indonesia Untuk Mengukur Kualitas Hidup Pasien HIV/AIDS = Validity and Reability Test of Indonesian Version World Health Organization Quality of Life-HIV BREF Questionnaire to Measure The Quality of Life Patients With HIV/AIDS.

Latar belakang : Menurut data tahun 2015 dari WHO dan UNAIDS, ada sekitar 36,7 juta orang di dunia hidup dengan HIV/AIDS. Di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, prevalensi HIV mencapai 0,4% dimana terdapat 232.323 penderita HIV dan 86.780 penderita AIDS yang dilaporkan pada tahun 2016. Kualitas hidup terkait kesehatan pada pasien HIV dapat digunakan sebagai salah satu indikator keberhasilan terapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesahihan dan keandalan kuesioner WHOQOL-HIV BREF dalam bahasa Indonesia sebagai alat untuk mengukur kualitas hidup pada pasien HIV/AIDS. Metode : Penelitian potong lintang ini dilakukan di Poliklinik khusus HIV RSCM pada bulan November 2016 dengan cara consecutive sampling. Penelitian dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap awal yang merupakan proses adaptasi bahasa dan budaya dan tahap akhir yaitu uji kesahihan dan keandalan dari kuesioner. Hasil : Dari 56 responden yang mengisi kuesioner diketahui bahwa 69,6% laki-laki. Melalui pendekatan multi-trait scaling analysis didapatkan nilai koefisien korelasi yang tinggi terhadap skor total domainnya sehingga dapat dapat dikatakan memiliki validasi yang baik. Korelasi antar domain kuesioner WHOQOL-HIV BREF dan domain kuesioner SF-36 didapatkan 6 domain yang signifikan bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Nanda Noor Muhammad - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang
Zubairi Djoerban - Nama Orang

No. Panggil
T17259fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 121 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17259fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17259FKT17259fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Kesahihan dan Keandalan Kuesioner World Health Organization Quality of Life-HIV BREF Dalam Bahasa Indonesia Untuk Mengukur Kualitas Hidup Pasien HIV/AIDS = Validity and Reability Test of Indonesian Version World Health Organization Quality of Life-HIV BREF Questionnaire to Measure The Quality of Life Patients With HIV/AIDS.

Related Collection