Tesis

Pengaruh Penggunaan Face Shield (Helm) terhadap Kejadian Pterigium pada Pengendara Ojek di DKI Jakarta = The Influence of Wearing Face Shield (Helmet) against Pterygium among Ojek Drivers in DKI Jakarta .

Latar Belakang: Pterigium adalah pertumbuhan jaringan fibrovaskular berbentuk segitiga yang tumbuh dari arah konjungtiva menuju kornea pada daerah interpalpebra. Pengendara ojek memiliki risiko pterigium karena faktor risiko utamanya antara lain paparan sinar ultraviolet, iritasi kronis debu, angin. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan face shield (helm) serta faktor lain yang berhubungan terhadap kejadian pterigium pada pengendara ojek. Metode: Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, desain penelitian yang digunakan pada tahap pertama adalah potong lintang dan disain penelitian tahap kedua adalah kasus kontrol dengan matching kelompok umur, dan jumlah responden sebanyak 131 pengendara ojek yang diambil secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner (mengisi sendiri), daftar tilik (observasi), dan pemeriksaan fisik mata. Variabel yang digunakan meliputi umur, tingkat pendidikan, riwayat konsumsi antioksidan, kebiasaan merokok, masa kerja, lama kerja, jenis helm, pengetahuan, sikap, dan perilaku penggunaan face shield (helm). Hasil: Dari 131 responden diperoleh prevalensi pterigium sebesar 19.1%. Faktor yang mempengaruhi kejadian pterigium pada pengendara ojek adalah tingkat pendidikan (p=0.029, OR=3.310), riwayat konsumsi antioksidan (p=0.018, OR=5.087), pengetahuan penggunaan face shield helm (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Annes Waren - Nama Orang
Dewi S. Soemarko - Nama Orang
Gusti Gede Suardana - Nama Orang

No. Panggil
T17258fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Komunitas.,
Deskripsi Fisik
xvi, 75 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17258fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17258FKT17258fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Penggunaan Face Shield (Helm) terhadap Kejadian Pterigium pada Pengendara Ojek di DKI Jakarta = The Influence of Wearing Face Shield (Helmet) against Pterygium among Ojek Drivers in DKI Jakarta .

Related Collection