Tesis

Korelasi Rerata Panjang Duktus Koklea pada Pasien Tuli Sensorineural Menggunakan Tomografi Komputer Resolusi Tinggi dengan Dua Cara Pengukuran = Correlation of Cochlear Duct Length's Average in Sensorineural Hearing Loss Patients using High Resolution Computed Tomography in Two Ways of Measurement.

Latar belakang dan tujuan: Tuli sensorineural adalah penyebab tuli terbanyak pada anak-anak, akibat gangguan antaran impuls saraf pada koklea. Teknik implann koklea berkembang untuk mengatasi kelainan ini. Tomografi komputer resolusi tinggi memberikan peranan penting untuk mengevaluasi struktur koklea dan mengukur panjang duktus koklea untuk kepentingan pemasangan implan. Pengukuran dengan cara manual memiliki kekurangan waktu pengerjaan yang lama. Terdapat cara pengukuran dengan menggunakan rumus panjang duktus koklea yang dikembangkan oleh salah satu merk implan. Apabila terdapat korelasi antara kedua cara pengukuran tersebut, maka cara pengukuran dengan rumus panjang koklea dapat digunakan secara umum untuk semua merk implan koklea. Metode: Penelitian deskriptif dengan menggunakan uji korelasi pada rerata panjang duktus koklea pasien dengan tuli sensorineural menggunakan pengukuran secara manual dan rumus panjang koklea yang dilakukan pemeriksaan tomografi komputer resolusi tinggi tulang temporal di Departemen Radiologi RSCM terhadap 86 sampel penelitian. Hasil: Dengan uji korelasi Pearson, didapatkan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Dini Kurnia Putri - Nama Orang
Vally Wulani - Nama Orang
Harim Priyono - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang

No. Panggil
T17256fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 48 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17256fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17256FKT17256fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Rerata Panjang Duktus Koklea pada Pasien Tuli Sensorineural Menggunakan Tomografi Komputer Resolusi Tinggi dengan Dua Cara Pengukuran = Correlation of Cochlear Duct Length's Average in Sensorineural Hearing Loss Patients using High Resolution Computed Tomography in Two Ways of Measurement.

Related Collection