Tesis

Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Pemasangan Double J Stent pada Kanker Servik = Factors Affecting Double J Stent Insertion Failures in Cervical Cancer Patients .

Pendahuluan : Pemasangan double-J stent (DJ stent) sering dilakukan sebagai pertimbangan pertama untuk dekompresi obsruksi ureter akibat kanker serviks. Namun pemasangan DJ stent pada pasien ini tidak selalu berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pra operasi pada pasien kanker serviks yang dapat memengaruhi kegagalan pemasangan DJ stent. Metode : Penelitian ini merupakan studi analitik prospektif terhadap pasien kanker serviks yang direncanakan pemasangan DJ stent ureter di RSUP H. Adam Malik Medan sejak tanggal 1 Januari 2015 hingga 31 Juli 2016. Usia,derajat hidronefrosis, stadium tumor, riwayat radioterapi, fungsi ginjal preoperasi merupakan variabel yang dinilai sebagai faktor prediksi. Faktor-faktor tersebut akan dianalisis secara bivariat untuk kemudian diikutkan dalam regresi logistik sebagai analisis multivariat. Hasil : Studi ini melibatkan 40 pasien kanker serviks dengan rata-rata usia 48,5 tahun dan 72,5% pasien merupakan stadium IIIB. Pemasangan DJ stent tidak berhasil dilakukan pada 31 orang (77.5%) dengan muara ureter yang tidak terlihat sebagai penyebab terbanyak kegagalan pemasangan DJ stent (54.9%). Pada analisis bivariat, ditemukan bahwa stadium kanker serviks, sisi hidronefrosis, serta kadar ureum dan kreatinin serum berpengaruh terhadap kebehasilan pemasangan DJ stent (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Erlan Jaya - Nama Orang
Dhirajaya Dharma Kadar - Nama Orang

No. Panggil
T16591fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Urologi.,
Deskripsi Fisik
x, 24 hlm., 21 cm x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16591FKT16591FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor yang Mempengaruhi Kegagalan Pemasangan Double J Stent pada Kanker Servik  = Factors Affecting Double J Stent Insertion Failures in Cervical Cancer Patients .

Related Collection